Makam Ulama Syekh Abdurauf Alsingkily Ramai dikunjungi penziarah dari luar daerah.

foto,  Makam ulama Syekh Abdurauf Alsingkily  saat di kunjungi dari luar daerah,  Selasa (3/9/2019).

Mediaadvokasi.com Aceh Singkil.
Makam ulama Syekh Abdurauf Alsingkily, yang menjadi panutan masyarakat Singkil di Desa kilangan kecamatan Singkil kabupaten Aceh Singkil provinsi Aceh, terlihat ramai dikunjungi penziarah yang datang dari luar daerah.

Pantauan dari Media advokasi. com Aceh Singkil, Sekitar ratusan pendatang dari beberapa luar daerah terlihat ramai dan puluhan mobil-mobil mewah tersusun rapi di halaman makam ulama krismatik Aceh itu.

Sejak pagi selasa, (3/9/2019) para penziarah dari luar daerah yang berasal dari Sumatera Barat (Sumbar) melakukan sholat berjamaah, bersholawat, dzikir dan membersihkan lokasi tempat makam ulam tersebut.

Erik salah satu penziarah dari Kota Bandung Jawa Barat mengaku hampir setiap tahun setelah Hari Raya Idul Adha sengaja datang ke Aceh Singkil untuk berziarah ke makam ulama besar Syekh Abdurauf As-Singkily.

Sudah menjadi kebiasaan sekitar dua minggu lebih setelah Idul Adha, kami dari Padang Sumatera Barat berkumpul di kampung halaman (Padang) dan bersama-sama berangkat untuk berziarah ke Aceh Singkil ke Makam Syekh Abdurauf Singkil.

"Bukan hanya dari Padang ini aja, banyak juga warga Sumbar, yang sudah merantau dan tinggal di Kalimantan dan ada yang di Jakarta, saya dari Bandung, berkumpul di Padang dan ikut berziarah," kata Erik saat berbincang dengan wartawan di lokasi makam ulama besar, yang banyak  diyakini masyarakat merupakan makam Syekh Abdurauf Alsingkil.

Dijelaskannya, ulama Syekh Abdurauf ini adalah guru dari guru mereka Syekh Burhanuddin Ulakan yang merupakan pengikut Tarekat Syattariyah .

Karena aliran yang sama dengan guru mereka di Sumatera Barat, sehingga sebagai penghormatan dan mengenang jasa dari guru ke guru, para murid setiap tahunnnya melakukan ziarah bersama.

"Selain mengenang jasa guru-guru yang lalu, sekedar membersihkan dan mengunjungi makamnya. Sekaligus mengingat kematian," ucap salah satu pengusaha Restoran besar di Bandung itu.

Sebelum menuju Makam Syekh Abdurauf Singkil, mereka terlebih dahulu berziarah ke Makam Syekh Mato Aie yang merupakan Kiai Kharismatik Padang Pariaman di Sumatera Barat, kata Erik yang mengaku akan berada di makam tersebut selama tiga hari.

Salah satu warga Singkil Kelahiran Desa Kilangan, Rostani mengaku pernah berbicara langsung dengan Kiai Kharismatik Padang Pariaman Syekh Mato Aie semasa hidupnya saat sedang berziarah di makam tersebut.

Syekh Mato Aie pernah  menceritakan, dirinya merupakan murid dari Syekh Burhanuddin Ulakan. Dan Syekh Burhanuddin Ulakan merupakan murid dari Syekh Abdurauf Singkil tersebut.

Syekh Mato Aie mengaku, ziarah yang dilakukan itu sebagai bentuk menunjukkan kecintaan dan penghormatan mereka kepada guru ke guru mereka terdahulu. Disebutkannya guru mereka Syekh Burhanuddin Ulakan merupakan murid dari Syekh Abdurauf Singkil semasa hidupnya menurut keterangan Syekh Mato Aie semasa hidupnya, kata Rostani.

Aktifitas ziarah ini juga dilakukan mereka sejak tahun 80-an silam dan masih terus dilaksanakan sampai sekarang, tambahnya. (Ahmad)

Popular Posts