Buka Pelatihan dan Pendidikan Keterampilan Kerja, Ini Kata Bupati


Mediaadvokasi.com, Kabupaten Gayo Lues -Aceh. 
Bupati Gayo Lues, H. Muhammad Amru membuka acara kegiatan pelatihan pendidikan dan keterampilan bagi pencari kerja, Senin (16/09/2019) di Gedung BLK Kp. Lempuh Kec. Blangkejeren. Acara pendidikan dan pelatihan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi kabupaten Gayo Lues.

Dslam kesempatan itu Bupati mengatakan, setiap pencari kerja dituntut untuk giat dan keyakinan yang kuat. Dimana pun dia berada dia harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat dan persaingan global.

Selain persoalan SDM, yang tidak kalah penting adalah peran para pejabat yang ada di Pemerintahan, hal ini merupakan tugas pada bidang ketenagakerjaan di Dinas Transmigrasi untuk bersama-sama menanggulangi pengangguran, dan pemerintah daerah berkewajiban membangun sikap mental yang sehat dan positif serta berpikir dan bekerja cerdas.

“Rasa percaya pada pemerintah hanya akan muncul bila pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan keterampilan bagi pencari kerja mampu mengembangkan sifat amanah, jujur, integritas dan kedisplinan yang berpegang pada yang baik, dan ini aspek pendukung yang utama dalam pelaksanaan kegiatan di BLK,” kata Bupati.

Secara khusus, kata Hupati, pendidikan dan pelatihan keterampilan ini mampu membangkitkan motivasi kerja bagi peserta, dan motivasi ini bisa bangkit apalagi adanya dukungan dari pemerintah melalui Balai Latihan Kerja (BLK) dengan melatih dan memberikan bantuan modal usaha, selain itu juga harus ada inisiatif dari para pekerja itu sendiri dan didukung oleh masyarakat luas.

Secara pribadi, dirinya sangat mendukung program dan kegiatan pendidikan pelatihan keterampilan ini, agar para peserta mampu bekerja dengan baik, mengelola keahlian yang dimiliki serta bisa memotivasi meningkatkan kinerja sehari-hari, sehingga kesempatan kerja makin luas dan akan meningkatkan taraf hidup jauh dari angka kemiskinan.

Peserta pelatihan berasal dari 11 kecamatan, jumlah keseluruhan 160 orang terbagi atas peserta las karbit 44 orang, peserta pengolahan limbah kayu 46 orang, pelatihan otomatif junior 30 orang dan pelatihan garmen apparel 40 orang.

Untuk pelatihan kejuruan las karbit akan dilaksanakan selama 20 hari, pelatihan pengolahan limbah selama 12 hari, pelatihan otomatif junior 20 hari, dan pelatihan garmen apparel selama 24 hari.

Kegiatan ini mempunyai payung hukum berdasarkan Perbup Gayo Lues Nomor: 21 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja pada Dinas Transmigrasi dan  Tenaga Kerja Kabupaten Gayo Lues. (Mahara).

Popular Posts