Tgk. Al Muzani Ketua MPU Bener Meriah: Semuanya adalah Milik Allah


Mediaadvokasi.com Bener Meriah-Aceh.
Ketua  Majelis Permusyawaratan Ulama  (MPU)  Kabupaten Bener Meriah Tgk. Almuzani  bertindak sebagai  Khatib pada Shalat Idul Adha 1440H/2019M di Lapangan Masjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong yang dikuti oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi, Para Asisten, Kepala Dinas, Badan dan Kantor dan unsur lainnya serta seribuan masyarakat yangmemadati lanpangan itu, Minggu, 11/8/2019.

Dalam Khotbahnya banyak menyinggung tentang perjuangan  Nabi Ibrahim dan Ismail dalam pengorbananya untuk menunaikan perintah Allah, SWT, disisi lain Tgk. Al Muzani juga menjelaskan, tentang kilas balik ke belakang “Semuanya adalah Milik Allah” kata Tgk. Almuzania yang mengutip Ayat Suci  Al-Quran, semuanya adalah genggaman dari pada Allah , semuanya adalah control dari pada Allah, bagaimana luasnya langit, bagaimana hamparan luas bumi, itu semata-mata milik dari pada Allah, SWT, paparnya.

“Sedikit kita mengulang kaji  pada pagi yang berbahagia ini,  semuanya kita menghadap Allah, menghadap Kiblat dengan warna corak ragam pakaian menggambarkan bahwa itu adalah merupakan Haluan dipadang Makhsar, ada yang pakai kendaraan ada yang berjalan kaki, ada yang pakai baju baru dan ada yang tidak, ada yang bergembira dan ada yang bersedih, ada yang mengharapkan Ridho dari pada Allah, SWT. Itu semuanya kita serahkan kehadirat Allah, SWT,” kata Ketua MPU tersebut.

Lebih lanjut Tgk. Al Muzani memaparkan, Apa bekal yang paling utama, apa belanja yang telah kita persiapkan, Allah menjawab didalam Al-Qur’an yang artinya, Sebaik-baik perbekalan, untuk  bekal perjalanan nun jauh, tiadak  lain terlepas dari pada 4 hurup  yaitu Taqwa kepada Allah, SWT”, ulasnya.

Taqwa secara ringan bahasa kita sehari-hari adalah Patuh, Ta’at, salah satu ciri kita menuju kehadirat Allah untuk menuju Taqwa adalah gambarannya pada hari ini 10 Zulhijjah, Hamparan dunia yang sangat luas dipandangan mata, bila melihat ke atas yang konon ada 7 lapis langit yang lebih banyak makhluk Allah di langit dari pada di bumi, tapi itu semua dengan lafaz Allahuakbar, dengan kalimat takbir, dihadapan Allah tidak ada apa-apanya, tegas Al Muzani.

“Bekal yang kita sediakan mulai detik ini hingga 4 hari kedepan, salah satu factor pengabdian kita kepada Allah dalam  Hadist Rasulullah yang diriwayatakan oleh Siti Fatimah Radiallahu’anha  yang artinya, Barang siapa mempunyai keluasan, barang siapa yang ada kemudahan, maka dia tidak menyembelih Qurban hari ini dan tiga hari kedepan, Ancaman Rasulillah “jangan Ikut Shalat dalam kesempatan yang berbahagia ini , Jangan ikut Sembahyang pada pagi yang berbahagia ini“, tegas Tgk. Al. Muzani.


“hari ini akan kita renungkan bersama-sama  yang konon dalam sejarah mengatakan, yang akan kita titi rambut dibelah tujuh, sanggupkah kita berjalan diatas rambut yang terbelah tujuh itu, apa amalan yang paling baik pada hari ini, tida ada amalan yang paling baik pada hari ini, selain kita meneteskan darah, tetesan darah yang dimaksud adalah menyembelih  Hewan Qurban”, ungkapnya.

Shalat Hari Raya Idul Adha 1440H/2019M yang berlangsung di Lapangan masjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong itu dihadiri oleh Bupati Bener Meriah beserta ibu, Ny, Hasminarti Khairun Aksa, Asisten I, II dan III para Kepala SKPK, dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Bener Meriah, dan seribuan masyarakat lainnya.(Bakri)

Popular Posts