Suharddinsyah, S. Pd, Kampung Ulun Tanoh Kampung Pengrajin Lokal


Media Advokasi.com Kabupaten Gayo Lues -Aceh.
Masyarakat Kampung Ulun Tanoh Kecamatan Kutapanjang menjadi pengrajin lokal turun temurun. Sampai saat ini masih bertahan sebagai pengrajin lokal. Seperti Bapak Sabdin Am. Sabri bertahan menjadi pengrajin perak perhiasan adat gayo (Gayo Lues).

Hal ini disampaikan Pengulu Kp. Ulun Tanoh Suhardinsyah, S. Pd kepada media ini beberapa waktu lalu. Ada beberapa jenis perhiasan yang dibuat oleh Bapak Sabdin, diantaranya Kupang, Jampuk, Sunting, Renggiep, Rancung, Topong Gelang, Genit Rante, Mahkota, Topong Iling, Perduk, dan Popo.

Perhiasan tersebut merupakan perhiasan adat istiadat gayo, selain Sabdin Am. Sabri juga terdapat pengrajin perhiasan gayo lainya seperti bapak Ahmad Am. Senah, mereka sudah puluhan tahun menjadi pengrajin perhiasan gayo. Sayanganya usaha mereka tidak berkembang bahkan berkesan jalan ditempat, untuk itu butuh uluran kepedulian pemerintah daerah mencari jalan keluarnya.

"Saya berharap pemerihtah daerah memperhatikan usaha kecil yang digeluti oleh masyarakat secara turun temurun, ini butuh penangan serius apabila dibiarkan lambat laun akan punah karena tidak ada generasinya, " kata Suhardinsyah. (Mahara)

Popular Posts