Sekda Pimpin Rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah Kabupaten Gayo Lues


Media Advokasi.Com, Kabupaten Gayo Lues - Aceh.
Sekretaris Daerah Kabupaten Gayo Lues, H.Thalib, S. Sos. Memimpin langsung Rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah (TKPRD) Kabupaten Gayo Lues, Kamis (08/08/2019) yang bertempat di Ruang Oproom Setdakab Gayo Lues.

Dalam bimbingan dan arahannya Sekda menyampaikan bahwa, rapat ini sangat perlu dilaksanakan menyangkut rencana pembangunan jangka panjang. Dalam pembangunan Daerah kita tentunya harus sesuai dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Dan untuk melanjutkannya tentu harus ada koordinasi antara anggota Tim Penataan Ruang Daerah Kabupaten Gayo Lues. Hal yang dibahas terutama yang bersifat fisik dan pengawasan pelaksanaannya.

Maka TKPRD inilah yang wajib mengawasi setiap pemetaan pembangunan daerah. Dalam pelaksanaannya kami berharap jangan ada yang salah agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan. Kemudian mengenai perencanaan segiap program pembangunan harus disesuaikan dengan RTRW. Kemudian permintaan saya agar setiap SKPK dapat disurati secara langsung mengenai Rencana Program yang harus sesuai dengan RTRW.

Sehingga setiap SKPK dapat bertanggungjawab pada setiap program mereka yang berkaitan dengan penataan ruang. Selanjutnya mengenai kawasan pariwisata juga sangat penting, mengingat alam dan hutan kita yang indah tentunya pihak pariwisata harus gencar meningkatkan promosi wisata, adakan kerjasama dengan lingkungan hidup bila perlu. Begitu juga dengan dinas lain seperti pertanian dan peternakan, dalam pengembangan programnya harus sesuai dengan RTRW.

"Untuk Dinas Lingkungan Hidup, juga harus memperjelas wilayah hutan yang mana saja yang bisa diolah Masyarakat dan mana saja yang termasuk kategori hutan lindung. Selanjutnya Dinas Pertambangan, juga harus menetapkan mana lokasi atau wilayah yang bisa ditambang dan yang dilarang melakukan penambangan. Dan begitu juga dengan Dinas dinas lainnya, sekali lagi harus menyesuaikan setiap programnya dengan penataan ruang Gayo Lues." Kata  H. Thalib.
Dikesempatan yang sama Kadis PUPR Kabupaten Gayo Lues, Mansyurudin, ST mengatakan, TKPRD ini sudah lama terbentuk, kita bersyukur dengan adanya peninjauan kembali dari Tim Unsyiah mengenai Tata Ruang Wilayah Gayo Lues yang akan direvisi kembali. Sehingga memudahkan kita dalam membuat rencana program kita yang nantinya akan disesuaikan dengan penataan ruang daerah.

"Kepada setiap SKPK kami mengharapkan agar ada koordinasi dengan Kami. Dalam kesempatan ini kepada Pak Sekda kami mohon bimbingan dan arahan kelanjutanya kedepannya." kata Mansyur.
Tampak hadir mengikuti Rapat Tim Koordinasi Penataan Ruang Daerah.
Sekda Gayo Lues H.Thalib,S.Sos. Asisten II Muhammad Noh,S.Pd. Kadis PUPR Gayo Lues Mansyurudin,ST. Para Kepala SKPK terkait. Para Kabid SKPK terkait. Dan Para Kabag terkait. (Mahara)

Popular Posts