Sambut Hari Raya Idul Adha Ratusan Pemuda Toweren Takbir Obor Bambu Keliling


Mediaadvokasi.com Aceh Tengah.
Pemuda Kampung Toweren, Kecamatan Lut Tawar, Aceh Tengah kembali melakukan tradisi takbir keliling menggunakan obor bambu. Sabtu Tanggal 11/8/2019.

Karimi Selaku Ketua Panitia Takbir Bambu saat di wawancarai media ini mengatakan, tujuan kami mengadakan takbir Bambu di Kampung Toweren untuk memeriahkan menyambut hari raya Idul Adha Tahun ini.

Untuk menyukseskan takbir obor keliling, ratusan pemuda Toweren ikut serta bersama anak anak para generasi di kampung tersebut.

Pemuda Kampung Toweren juga bekerja sama dalam menyediakan 1000 buah obor bambu yang akan dibagikan gratis kepada seluruh anak anak serta masyarakat kampung Toweren yang turut hadir dalam takbiran itu. Tambahnya

Selain mempertahankan budaya, tradisi yang sudah lama hilang yang pernah di laksanakan oleh para pendahulu kami kata karimi.

Mengingat sejarah yang pernah mereka lakukan dalam menyambut hari kemenangan islam, pemuda setempatpun berinisiatif untuk membangkitkan kembali kegembiraan yang pernah hilang selama 18 tahun silam.

Karimi juga menyebutkan tujuan utama kami pemuda toweren melakukan takbir obor ini kembali untuk mengantisipasi agar pemuda toweren tidak melakukan kegiatan yang dapat merugikan dan untuk mencegah kenakalan remaja. 

“Biasanya setiap malam takbiran, remaja di kampung toweren setempat akan pergi ke kampung lain dengan cara beramai ramai. Disana kerap terjadi tawuran, kecelakaan dan kenakalan remaja lainnya yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Meminimalisir itu makanya kita buat acara takbiran obor keliling kampung ini,” kata Karimi.

Takbir obor keliling yang di laksanakan di Kampung Toweren itu mendapat perhatian khusus dari warga setempat. Ujarnya(Pujo/Suria Efendi)

Popular Posts