Program Karya Bakti, TNI AURI Akan Bangun Seribu Jembatan Gantung Seluruh Indonesia

Garut,MA-Komandan Korpaskhas (Dankorpaskhas) TNI AU Marsekal Muda (Marsda) Eris Widodo menegaskan TNI akan membantu program pemerintah untuk masyarakat, salah satunya dengan membangunkan jembatan perintis di Garut.

"Ini merupakan sumbangsih TNI AU dalam rangka membantu program pemerintah sekaligus merupakan rangkaian acara bakti sosial dalam merayakan Hari Ulang Tahun ke-72 TNI AU," kata Dankorpaskhas dalam sambutannya, saat peresmian jembatan gantung di Desa Cibiuk Kaler, Kecamatan Cibiuk, Kabupaten Garut, Rabu (31/07/2019).

Ditambahkannya, salah satu program bantuan untuk masyarakat yaitu membangun jembatan kerja sama dengan organisasi alam Vertical Rescue yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas dengan aman dan nyaman.

"Jembatan gantung yang dibangun dengan panjang 60 meter melintasi sungai Cimanukini hasil kerjasama TNI AU Batalyon Komando 461 Paskhas dengan Vertical Rescue Indonesia (VRI) dibantu warga untuk menunjang aktivitas warga di dua kecamatan," katanya.

Ia mengungkapkan, TNI AU memiliki program membangun seribu jembatan gantung di seluruh Indonesia sebagai program karya bakti prajurit TNI untuk masyarakat.

“Ini jembatan yang ke 76 dari target 1000 jembatan yang akan dibangun, doakan semoga tercapai sesuai target,” ujarnya.

Menurut dia, jembatan merupakan fasilitas yang penting bagi masyarakat untuk menunjang kegiatan ekonomi, pendidikan maupun agama dan berbagai aktivitas lainnya.

"Jembatan ini untuk membantu masyarakat agar lebih mudah dalam melakukan kegiatan sehari-hari, untuk pekerjaan sosial, ekonomi maupun pendidikan bagi anak sekolahan," katanya.

Ia berharap, jembatan menghubungkan dua kecamatan itu dapat dijaga masyarakat dengan baik sehingga tidak mudah rusak sehingga dapat dimanfaatkan lebih lama.

"Saya harap jembatan ini dapat dirawat sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama agar tahan lama," katanya.

Sementara itu,  Camat Cibatu Sardiman Tanjung, mengucapkan terimakasih pada TNI AU Batalyon Komando 461 Paskhas, yang sudah membangun jembatan di wilayah Garut.

“Saya mewakili bupati Garut, mengucapkan terimakasih pada TNI AU Batalyon Komando 461 Paskhas, semoga TNI AU jaya selalu dan dekat dengan masyarakat,” katanya.

Hal senada dikatakan Kades Cibiuk Kaler Enggis Erawan, atas nama.warga Desa Cibiuk Kaler mengucapkan terimakasih pada pihak TNI AU Batalyon Komando 461 Paskhas.

“Sudah lama sekali warga diwilayahnya menginginkan jembatan tersebut diperbaiki, sebab sangat vital untuk lalulintas warga diwilayahnya,” katanya.

Sementara, Kepala Desa Cibiuk Kaler, Enggis Erawan yang hadir saat peresmian jembatan mengatakan, sebelumnya kondisi jembatan sepanjang 40 meter itu sudah rusak dan berbahaya bagi orang yang menggunakannya.

Ia menyampaikan terima kasih telah dibangunnya jembatan gantung oleh TNI AU sehingga masyarakat untuk melakukan aktivitas dari Kecamatan Cibiuk ke Cibatu maupun sebaliknya dapat melewati sungai dengan aman dan nyaman.

"Jembatan ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk berbagai kegiatan, dan bisa memangkas biaya ongkos kalau mau ke pasar," pungkasnya.

Acara peresmian di awali dengan penguntingan pita oleh Marsda Eris Widodo didampingi istri, disaksikan Komandan Vertical Rescue Indonesia (VRI) Tedi Ixdiana, Camat Cibatu Sardiman Tanjung mewakili Bupati Garut, Kasdim 0611/Garut Mayor Inf Hamzah Budi Susanto, Forkopim Kecamatan Cibatu dan Cibiuk, Kepala Desa Cibiuk Enggis Erawan, tokoh masyarakat, serta tamu undangan lainnya.(yon/hanapi)

Popular Posts