Pemkab Karawang Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Banyuwangi

Karawang,MA- Dalam kunjungan kerja Pemerintah Kabupaten Karawang ke Kabupaten Banyuwangi, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang tertarik dengan ada inovasi pelayanan kependudukan di desa dan kecamatan.

Inovasi kependudukan di Kabupaten Banyuwangi, bisa mencetak Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran dan E-KTP di setiap desa dan kecamatan. Dengan asumsi peralatan pencetakan dari dana desa dan kecamatan memakai biaya sendiri. Sedangkan untuk tenaga pegawai menggunakan pakai honor.

"Mereka juga sudah ada pelayanan ke pendudukan di mall. Jadi masyarakat datang mengurus dokumen kependudukan dalam waktu satu jam selesai, sama dengan di Karawang One Day Service," kata Kadisdukcapil, Yudi Yudiawan, Kamis (1/8).

Ia mengatakan, kemudian yang lebih menarik terkait surat pindah yang bisa di tanda tangan elektronik (TTE). Kalau di Karawang baru KK dan Akta Kelahiran, pihaknya akan melakukan TTE di surat pindah.

Pihaknya juga sudah konsultasi dengan bagian ke pemerintahan, dan rencana pihaknya akan melaksanakan percontohan di Kecamatan Karawang Barat. Nantinya pencetakan dokumen kependudukan KK di setiap kecamatan, karena alatnya dan pegawainya sudah ada semua.

"Kami tinggal menyalurkan jaringan, namun verifikasi tetap ada di Disdukcapi. Kita juga akan launching percontohan di Kecamatan Karawang Barat, karena itu masuk zona intergritas anti korupsi," jelasnya.

Lanjutnya, nanti untuk mengkoneksikan jaringan melalui server kominfo kemudian kesalurkan ke desa-desa di Karawang. Pihaknya hanya memberikan aplikasi dan untuk verifikasi tetap harus di Disdukcapil. (yon)

Popular Posts