Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Kabupaten Karawang

Karawang,MA-Untuk membangun kesadaran generasi muda berperilaku tertib berlalu lintas sejak dini atas kesadaran pribadi dan tanggung jawab moral pada lingkungan, Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang menggelar kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Tingkat SMA/SMK/MA Tahun 2019.

Kegiatan ini berlangsung di Ruangan Aula SMK Texar Klari Karawang, Kamis (8/8/2019).

Pelajar yang terpilih sebagai Pelopor Keselamatan Lalu Lintas diharapkan bisa menyebarluaskan informasi ke kalangan generasi muda melalui lingkungan sekitarnya. Terakhir adalah menyelamatkan generasi muda, sebagai aset bangsa.

Kepala Dishub Karawang yang diwakili   Kabid Angkutan Dikhy Prayoga SH.MM mengatakan, kita semua tentu mengetahui bahwa sektor transportasi memegang peranan vital dalam kehidupan manusia sejak zaman dahulu kala.

Melalui sektor transportasi, manusia melakukan interaksi dan komunikasi dengan manusia lainnya dan lingkungan sekitarnya.

Kendaraan bermotor merupakan unsur dinamis sektor transportasi modern, yang dimana ada satu masalah pelik yang masih terus menghantui kita hingga kini yaitu masalah kesadaran berlalu lintas dijalan raya yang menyangkut perilaku pengemudi kendaraan bermotor.

Dikhy menambahkan upaya penanaman kesadaran berlalu lintas semestinya merupakan upaya yang berkelanjutan dan menjangkau hingga ke pelosok.

Hal ini merupakan upaya untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat dari segala strata usia, pendidikan dan status sosial.

Point yang paling penting dari upaya ini pencegahan terjadinya kecelakaan di jalan raya yang membuat jalan raya sebagai tempat yang aman dan nyaman untuk menunjang produktivitas masyarakat di segala bidang.

Mengacu UU no 22 Tahun 2009 tentang Pendidikan Lalu Lintas Sejak Dini merupakan dasar dari pelaksanaan kegiatan Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang diselenggarakan Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang.

Tujuannya untuk membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan melalui pemberian penghargaan bagi pelajar yang menjadi pelopor keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

Dikhy juga menjelaskan, kegiatan yang mengusung tema 'Malu Melakukan Pelanggaran Lalu Lintas' ini mengajak pelajar atau secara umum generasi muda yang sebagai pengguna lalu lintas dan angkutan jalan untuk dapat lebih tertib dan disiplin lagi dalam menggunakan moda transportasi di jalan umum.

Diharapkan, dengan adanya pemilihan pelajar pelopor lalu lintas mengharapkan dapat melahirkan kader yang bisa dijadikan contoh dan mampu menjadi agen keselamatan menjadi ikon terhadap permasalahan lalu lintas. Membantu tugas kepolisian terutama dari generasi muda yang mengenyam pendidikan tingkat SMA/SMK/MA di Karawang.

Pelajar Pelopor dapat turut serta menjadi mitra pemerintah dalam hal ini Dinas Perhubungan serta Satlantas Polres Karawang meningkatkan kesadaran berlalu litas yang aman dan tertib serta dapat menekan tingkat pelanggaran lalu lintas yang berdampak hingga pada adanya korban jiwa. (yon)

Popular Posts