Masuk 1 Muharram, Santri Babussalam Jeunieb Bacakan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Bersama


Mediaadvokasi.com. Bireuen Aceh.
Dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 Hijriah bertepatan 1 September 2019, Ratusan Santri Dayah Babussalam Al Aziziyah Desa Blang Mee Barat Kecamatan Jeunieb Kabupaten Bireuen selenggarakan baca Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Bersama Dimusalla setempat, (31/8/19) sabtu malam.

Diikuti salat mangrib serta pembacaan Surat Yasin untuk segala arwah

Sesuai ikhbar Falakiyah PBNU ( Pengurus Besar Nahdlatul Ulama) saat hilal tidak terlihat maka jumlah hari dalam bulan itu mesti disempurnakan 30 hari.

Ikhbar tersebut berdasarkan aktivitas rukyat tim Lembaga Falakiyah NU di berbagai daerah pada Jumat (30/8) petang, yang tak menyaksikan hilal atau bulan sabit tanda awal bulan kalender Qamariyah. Sehingga, jumlah hari di bulan Dzulhijjah disempurnakan menjadi 30 hari (istikmal) seperti lansir media NU Onlen(31/8/19).

Sebuah kemuliaan masuknya tahun baru Islam dimana kaum muslimin dan muslimat mengadakan Ibadah rutin tahun baru islam dengan membaca doa akhir tahun dan awal tahun, begitu juga umumnya Dayah di Aceh akan mengadakan penyambutan tahun baru ini dengan segala ibadah seperti Musabaqah Qiratul Kutub, Hafalan Kitab, Tahfizd dan lain lain.(I.Jenif)

Popular Posts