Kadin DPK Muba: Literasi Dapat Mengentaskan Kemiskinan Informasi


MUBA, MA- Dalam rangka meningkatkan literasi melalui program Transformasi perpustakaan berbasis Inklusi sosial. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Musi Banyuasin menggelar "Stakeholder Meeting Kabupaten Musi Banyuasin perpustakaan berbasis Inklusi Sosial" di Ruang rapat Auditorium Pemkab Muba, Rabu 08/08/19.

"Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menyelenggarakan program kegiatan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang memiliki tujuan memperkuat peran perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia melalui peningkatan kemampuan literasi yang meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi," Ujar Drs. Yohanes Yubhar, M.M., selaku Kadin DPK Muba dalam paparannya.

Selanjutnya Yohanes Yubhar menjelaskan pentingnya meningkatkan Literasi didalam kehidupan sehari-hari.

"Literasi adalah kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kehidupan dan menjadi pedoman kita bahwa literasi sangat terpenting didalam kehidupan," Terangnya.

Lanjut Yohanes, Didalam Perpustakaan Kabupaten, Desa, Sekolah dan kominitas perlu ditingkatkan dalam pelayanan teknologi guna memberikan manfaat agar terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat.

"Seperti pengawasan pelaksanaan bantuan sosial yang tepat sasaran, penguatan sistem jaminan sosial, penguatan untuk kesejahteraan masyarakat yang mana penguatan Listerasi agar menjadi kegiatan prioritas untuk mendukung program prioritas percepatan pengurangan kemiskinan informasi," Ungkapnya.

Kemudian Supriatin salah satu warga yang menerapkan manfaat program Trasnpormasi Perpustakaan berbasis inklusi sosial mengucapkan terima kasih kepada kepala dinas DPK Muba yang telah memberikan pengetahuan tambahan wawasan untuk masyarakat bukan hanya pengetahuan atau ilmu dunia kecantikan.

Sementara itu ketika diwawancarai awak media Asisten III Pemkab Muba, H Ibnu Sa'ad SSos MSi berharap agar Kabupaten Musi Banyuasin dapat menjadi pilot dalam program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial.


"Harapan kita Kabupaten Muba dapat menjadi pilot projeck dan dapat membuktikan manfaat program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, karena konsultan sudah melirik apa yang di perbuat DPK Muba sudah didalam jalur dan ini menjadi lirikan sehingga menjadi salah satu inspirasi oleh Pusat," Harap Ibnu Sa'ad. (Jahri)

Popular Posts