Diskusi Ilmiah"Arah Pengembangan Ekonomi Aceh"& Rapat Persiapan Konreg Ranwal RPJMN 2020-2024.


Mediaadvokasi.com Bener Meriah-Aceh.
Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT beserta rombongan mengahadiri Diskusi Ilmiah “Arah Pengembangan Ekonomi Aceh serta Rapat Persiapan Konreg Renwal RPJMN tahun 2020-2024 di Aula Setdakab Bener Meriah, Jum’at, 9/8/2019.

Dalam acara itu, Plt. Gubernur Aceh Ir. Nova Iriansyah, MT, mengungkapkan, sudah dua tahun masa tugas kepemimpinan kami, pertumbuhan ekonomi aceh menunjukan trend yang positif, ini dapat dilihat dari angka kemiskinan yang terus menurun, kemudian pertumbuhan ekonomi aceh yang terus membaik, pengangguran terus berkurang, tingkat Inflasi sangat terkendali serta indeks pambangunan manusia yang terus meningkat, kata Nova Iriansyah.
Foto:Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah

Plt. Gubernur juga menuturkan, Namun pencapaian ini tentu belum membuat kami untuk berpuas diri, kinerja pembangunan Aceh perlu dipercepat lagi, angka-angka perlu diakselarasi, supaya lebih membaik, ujarnya.

“Inisiatif kerjasama regional, kerana Aceh terletak di tengah-tengah  Indo Fasifik, menyebabkan Aceh berada diposisi yang strategis, lokasi strategis Aceh membuat Aceh memiliki keunggulan konperatif”, jelas Nova.

“Keunggulan Konperatif tidaklah cukup, tapi juga dibutuhkan keunggulan konpetitif karena investasi dan export yang terjadi di Aceh, agar investor atau Penanaman Modal  bisa masuk ke Aceh, tanpa itu semua,  kerja keras kita akan sulit kita capai, khususnya menurunkan angka kemiskinan secara signifikan”, ungkap Plt. Gubernur.

Lebih lanjut Nova juga mengatakan, sa’at ini Aceh memiliki kawasan strategis, seperti pelabuhan bebas  Sabang, KEK Arun Lhokseumawe, Kawasan Industri Aceh di Ladong, kawasan perikanan, ujarnya.

“Khusus untuk wilayah tengah, kami telah menyiapkan usulan Kawasan Strategis Kawasan Nasional Dataran Tinggi Gayo Alas (DTGA), yang meliputi Kabupaten Bener Meriah, Kabupaten Aceh Tengah, Kabupaten Gayo Lues dan Kabupaten Aceh Tenggara”, tegas Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah.

“Harapan Saya,  kita semua dapat mendiskusikan secara aktif, dalam konteks Nasional yang nantinya para peserta dapat berkonsultasi regional rancangan awal RPJMN 2020-2024 yang  Insyaalah akan diselenggarakan di Medan –Sumut pada tanggal 13  Agustus 2019 yang akan datang”. Tandas Plt. Gubernur Aceh.
Acara diskusi itu diikuti oleh banyak tokoh dan pakar dari berbagai bidang. (Pujo)

Popular Posts