Bupati Bener Meriah Dan Rombongan Ziarah ke Makam Pahlawan Datu Beru


Mediaadvokasi.com Bener Meriah-Aceh.

Bupati  Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi beserta rombongan melakukan Ziarah dan tabur bunga dimakam Pahlawan Datu Beru  Kampung Tunyang,  Kecamatan Timang Gajah, Jum’at, 16/8/2019.


Kedatangan Orang nomor satu di Bener Meriah itu disambut langsung oleh Perwakilan Batalyon 114 Satria Musara (Yon 114/SM) diwakili oleh  Kapten Yanuardi, Camat Timang Gajah Budi Nogroho, S.IP  beserta tokoh lainnya.

Ziarah Makam pahlawan ini dilakukan adalah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahu Republik Indonesi (HUT RI) ke-74 tahun 2019 di Kabupaten Bener Meriah.

Sesampai di lokasi makam Datu Beru, Bupati langsung  memasuki Area Makam untuk berdo’a dan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Sedikit bercerita tentang sosok Pahlawan Wanita Gayo,  Seorang perempuan bernama  Qurrata ‘Aini , perempuan asal dataran tinggi Gayo ini  mungkin belum banyak dikenal dalam sejarah para pahlawan wanita  di Indonesia, bahkan mungkin belum pernah tercatat dalam buku sejarah nasional Indonesia, mungkin. Meski dalam khazanah sejarah Negeri Linge di dataran tinggi Gayo, nama itu sudah sangat melegenda, namun pamor perempuan berjuluk Datu Beru ini masih sangat jauh dibandingkan dengan RA Kartini, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan dan pahlawan wanita lainnya yang ada di Republik ini.

Bahkan dalam catatan sejarah Aceh sendiripun,  nama Datu Beru  juga tidak begitu dikenal, padahal kalau melihat riwayat perjuangannya, perempuan ini sejatinya bisa disejajarkan dengan tokoh sekelas Tjoet Nya’ Dien, Tjut Mutia maupu Laksamana Malahayati. Tapi catatan sejarah pahlawan Gayo ini, seakan tenggelam dibalik nama-nama besar tersebut, salah satunya akibat minimnya catatan sejarah tentang sosok perempuan luar biasa ini.

 Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi beserta rombongan setelah melakukan Ziarah dan tabur bunga di makam tersebut langsung bergerak menuju kantor Caamat Timang Gajah untuk beristirahat sejenak sambil menikmati snack yang telah disediakan.

Tampak Hadir dalam rombongan Bupati, Wakil Ketua DPRK, Darwinsyah, Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM, para Asisten, para kepala SKPK, para Kabag/Kabid, dilingkungan Pemerintah daerah, Perwakilan Danyon 114/SM Kapt. Yanuardi, Pabung Dim 0106/AT-BM, Kapolsek T. Gajah, Danramil , Ketua TP-PKK, Ketua Darmawanita Kabupaten Bener Meriah, Ibu Persit beserta tamu undangan lainnya.( Pujo)

Popular Posts