Adhi dan Suntari Terpilih Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas Tingkat Karawang

Karawang, MA- Dua pelajar SLTA Kabupaten Karawang terpilih menjadi Terbaik I dan II pada Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan 2019.

Kepala Dinas Perhubungan Karawang Melalui Kabid Angkutan Dikhy Prayoga SH. MM,Kamis (8/08), mengatakan dua pelajar tersebut adalah Adhi Prasetyo, siswa SMK Texar dan Suntari siswi SMK Texar.

"Keduanya akan mewakili Kabupaten Karawang pada ajang Pemilihan Pelajar Pelopor Keselamatan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan tingkat Provinsi Jawa Barat   pada 18 sampai  22 Agustus 2019," tambahnya.

Ia menjelaskan ajang pemilihan ini merupakan kegiatan yang strategis disaat kendaraan pribadi masih menjadi primadona bagi masyarakat dalam mendukung aktifitasnya, terutama sepeda motor.

"Bahkan banyak kami jumpai pelajar SLTP sudah mengendarai kendaraan sendiri ke sekolah, hal ini sangat mengkuatirkan keselamatan di jalan raya," sebutnya.

Ia menyebutkan tingginya tingkat pelanggaran lalu lintas dan meningkatnya angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya banyak melibatkan kaum remaja.

Maka pengetahuan tentang keselamatan lalu lintas perlu dilakukan sejak usia sekolah dasar, sehingga karakter budaya keselamatan tumbuh pada anak sejak dini, katanya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Pemilihan, Kusnadi WS Kasi Pengujian menyebutkan kegiatan ini diharapkan menjadi penilaian atau seleksi terhadap para pelajar SLTA sebagai upaya meningkatkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan.

"Target kami untuk meningkatkan kepedulian pelajar terhadap keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan sekaligus upaya membentuk dan penguatan karakater budaya keselamatan lalu lintas," tambahnya.

Ia berharap peserta dapat melakukan sosialisasi dan penyuluhan keselamatan lalu lintas di lingkungan sekolah, tempat tinggal dan masyarakat, sekaligus bisa menjadi teladan.

"Predikat pelajar pelopor ini hendanya mampu memberikan nilai positif di kalangan remaja dan masyarakat dalam tertib dan etika berlalu lintas," ujarnya. (yon)

Popular Posts