TP-PKK Aceh Tinaju langsung Pengobatan Gratis di Kecamatan Mesidah


Media Advokasi.com Kabupaten Bener Meriah-Aceh.
Wakil  Ketua TP-PKK Provinsi Aceh Ny. Dyah  Erti Idawati didampingi Oleh  Ketua TP-PKK Kabupaten Bener Meriah Ny. Nikmah Sarkawi dan Ketua TP-PKK Kabupaten Aceh Tengah Ny. Puan  Sabela Abubakar beserta rombongan meninjau langsung pengobatan gratis di desa Cemparam Jaya Kecamatan Mesidah Kabupaten Bener Meriah, Kamis, 11-07. Jumat 12-07-2019.

Kedatangan  TP-PKK  Provinsi Aceh beserta rombongan disambut  langsung  oleh Camat Mesidah Ismail, SE, Kapolsek serta unsur Muspika lainnya dengan  acara tepung tawar sebelum menuju tempat acara yang telah dipersiapkan oleh panitia kecamatan.

Dalam acara pengobatan gratis tersebut Camat Mesidah Ismail, SE dalam laporannya menyampaikan, Ucapan terima kasih Kepada  Ketua TP-PKK Provinsi karena sejak dimekarkan dari Kecamatan Syiah Utama baru kali ini Kecamatan Mesidah dikunjungi langsung oleh  Ketua TP-PKK Provinsi  yang juga merupakan Ibu Plt. Gubernur,  Kecamatan Mesidah yang terdiri dari 15 Kampung, dimana menurut Kementrian Desa Daerah Tertinggal Kecamatan Mesidah masih termasuk kategori Daerah tertinggal, papar Camat Mesida Ismail, SE.

Camat Mesidah juga mengungkapkan,  beberapa tahun belakangan ini  ada suatu penyakit dimana dari tahun ke tahun  semakin meningkat khususnya penyakit  ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa) sampai sa’at ini sudah terjadi 21 kasus yang sudah kita temukan di Kecamatan Mesidah, makanya setiap tahun kami bersama Bapak Kepala Puskesmas mendorong seluruh masyarakat  untuk berperan aktif bagaimana caranya untuk menekan penyakit ODGJ ini, mungkin di Kecamatan Mesidah inilah  selalu setiap tahunnya di adakan acara Hari ODGJ,  jelas camat Mesidah.

“Karena Mesidah masih daerah terpencil, tentunya sarana dan prasarana kesehata  sudah jelas belum memadai dan selain itu masaalah tranportasi dari kampung ke kampong  juga cukup memakan waktu yang cukup lama bahkan sampai setengah jam, makanya dalam kesempatan ini kami sangat berharap kepada pemerintah Privinsi melalui Ibu Plt. Gubernur  dan juga masaalah Sinyal Telekomonikasi, mungkin dari 10 Kecamatan yang ada di Bener Meriah, Kecamatan Mesidah ini yang belum terjangkau semua desa oleh senyal komunikasi, makanya  bapak Bupati terus memberikan dorongan supaya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat”, tegas Ismail.

“Tanaman kopi dikecamatan mesidah menyumbang komoditi  tertinggi dari seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Bener Meriah ini”, tambah Ismail, SE.
Ny. Dyah Erti Idawati selaku Wakil  Ketua TP-PKK Provinsi  yang juga isteri dari Plt. Gubernur Aceh Nova Iriansyah memberikan arahan dalam pengobatan missal  secara gratis tersebut menyampaikan,  hari ini kita melaksanakan program pengobatan gratis yang dihadiri oleh beberapa Dokter Spesialis, kata Ny. Dyah Erti Idawati mengawali sambutannya.

“Mengenai  adanya tendensi adanya gangguan kejiwaan, untuk lebih dalam lagi saya mohon diteliti, apakah ini factor genetic  atau apakah factor kopi , tapi saya yakin bukan karena itu, karena kopi memiliki zat-zata  bagus  untuk kesehatan  “, kata Ibu Plt. Gubernur sambil tersenyum yang disambut oleh gelak tawa oleh para hadirin yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Saya langsung beri masukan kepada ibu Ketua  TP_PKK Kabupaten/Kota  sebagai pendamping dari Bapak Bupati dan Wali Kota, yang langsung dan bisa mempengaruhi kebijakan-kebijakannya, dan kepada TP-PKK mulai dari Provinsi, Kabupaten, Kecamatan bahkan samapi ke desa-desa, mari kita bersama-sama bahu membahu untuk meajukan daerah kita”, demikan ajakan ibu Plt. Gubernur .

Sebelumnya Kepala Dinas Kesehatan Aceh Dr. Hanif juga meberikan laporan diantaranya, bahwa program pengobatan daerah terpencil ini merupakan program rutin dari dinas kesehatan Aceh, dan pada hari ini kita laksanakan di Kecamatan Mesidah Kabupaten Bener Meriah, dan dilanjutkan di Samar Kilang, dan dalam melaksanakan kegiatan ini kita melibatkan Tim Dokter dari Rumah Sakit Zainul Abidin dan Tim Dokter dari Rumah Sakit Bener Meriah, jadi Dokter Spesialisnya kombinasi dari Ruma Sakit Umum Zainul Abidin( Mahendra )

Popular Posts