Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM terima Kunjungan perwakilan PT. Great Giant Pineapple Jakarta

Plt. Sekda

Media Advokasi.com Kabupaten Bener Meriah-Aceh.
Didalam menjalankan tugasnya sebagai Abdi Negara yang  tidak mengenal lelah dan hari libur,  Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bener Meriah tetap menerima kunjungan dari perwaikalan PT. Great Giant Pineapple Jakarta dirumah dinas Sekda kampong Payah Gajah Kecamatan Bukit, Minggu, 14/7/2019.

Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM yang didampingi oleh Plt. Kadis Pertanian dan pangan tersebut menjelaskan secara panjang lebar kepada  perwakilan dari PT. Great Giant Pineapple Jakarta, tentang potensi Daerah Bener Meriah terutama dalam bidang pertanian dan pangan yang cukup menjanjikan  kepada para Investor yang berniat untuk menanamkan Investanya di Daerah Bener Meriah.

Kedatangan Perwaiklan PT. Great Giant Pineapple Jakarta yang diwakili oleh Kevin Raharja selaku Business Dev. & Exspansion Div. Heat dari perusahaan tersebut berminat untuk mengembangkan bisnisnya di Bener Meriah terutama dalam pengembangan Pisang, dan juga tidak tertutup kemungkinan untuk pengembangan komoditi lainnya seperti, Strauberry, durian, kentang dan lainnya.

“Kedatangan kami ini masih dalam penjajakan, tapi setelah kita melihat langsung kelapangan, kita yakin Bener Meriah cocok untuk pengembangan komoditi tersebut”, kata Kevin bersemangat.

Sementara Plt. Sekda Khairun Aksa, SE. MM. menjelaskan, menurut  perwaiklan dari PT. Great Giant Pineapple, tanah kita yang ada di Kabupaten Bener Meriah ini, sangat subur itu terbukti dengan tingginya kandungan unsure hara, jenis tanah kita ini Andosol berpasin dan kemudian tanah kita ini, sangat cocok untuk ditanami beberapa jenis tanaman, Kata Plt. Sekda Khaiurun Aksa.

“Team ini akan meninjau tentang kesesuaian lahan tentang penanaman Pisang, kalau memang cocok dan terealisasi hasilnya  insyaallah akan diekspor ke Timur Tengah khususnya, karena selama ini mungkin dari sumbernya itu agak jauh”, terang Plt. Sekda.

Tadi juga sudah dipelajari  bagaimana kemungkinan ekspor  melalui pelabuhan, apakah memungkinkan dari pelabuhan Krueng Guekuh, atau melalui Medan, ini sedang dilihat dan dipelajari, sambung Khairun Aksa.

“Jadi ada dua hal, yang pertama team ini akan akan mengambil sampel tanah dan mengecek ke laboratorium, kalau cocok akan diuji coba seluas 20 hektar, dan saya sarankan untuk ditanam di dua tempat, 1. Kecamatan Pintu Rime Gayo dan yang ke 2. Di Kecamatan syiah Utama, agar sekali tanam kita dapat melilhat dimana yang paling bagus dan cocok”, tegas Khairun Aksa.

Plt. Sekda Bener Meriah juga berharap, kedepan akan terjadi penanaman tang akan bermuara pada peningkatan kesejahateraan masyarakat Bener Meriah, karena apapun yang kita kerjakan ada imbas, ada pengaruh, karena kalau sudah persiapkan lahan dan dikerjakan, tentu butuh tenaga kerja yang kita utamakan adalah tenaga kerja lokal, kemudian juga kalau bisa berkembang di industri yang besar, karena permintaan luar negeri cukup luar biasa, dan ini akan kita coba pasok dari Bener Meriah, kita berdoa semoga mimpi kita ini menjadi kenyataan, pungkas Khairun Aksa.

Team dari PT. Great Giant Pineapple Jakarta dan Plt. Sekda Bener Meriah beserta rombongn  dari rumah dinas Sekda  langsung turun kelapangan untuk meninjau  secara pasti beragam komoditi pertanian yang ada di Bener Meriah.
(Mahendra).

Popular Posts