Karhutla Di Aceh Aceh Barat Meluas DLHK Aceh Turunkan Brigade Pengendalian Karhutla


Media Advokasi.com Kabupaten Aceh Barat.
Dinas Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Provinsi Aceh (DLHK) menurunkan Regu Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Provinsi Aceh dan Brigade Pengendalian Karhutla UPTD Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH IV) Aceh dalam rangka menimalisir kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Aceh Barat pada Sabtu, (6/7/2019) pagi. dilaporkan saat ini karhutla di Aceh Barat semakin meluas, sejumlah titik api terpantau diareal seluas 1.5 KM persegi diperkirakan mencapai 100 Ha.

Hal ini disampaikan Kabid Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Aceh M. Daud S. Hut, M.Si yang merangkap sebagai Plt. Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) IV Aceh melalui pesan Whatsapp ke Redaksi mengatakan pihaknya telah menurunkan 12 personil Brigade Pengendalian Karhutla KPH IV dan 10 personil Darkalhutla Provinsi Aceh. 

"Kita telah menurunkan 2 regu Darkalhutla beserta 1 mobil damkar DLHK Aceh ke lokasi,  saat ini karhutla semakin meluas di Gampong Napai Kecamatan Woyla Barat Kabupaten Aceh Barat yang merupakan wilayah hukum Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Woyla Barat jajaran Badan Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Krueng Woyla KPH IV Aceh,". Kata M. Daud. 

Ia menyebut tim kewalahan karena sulitnya mendapatkan sumber air dan minimnya fasilitas yang dimiliki, selain itu titik karhutla ini berbeda dengan titik karhutla yang sedang ditangani oleh BPBD Aceh Barat. 

" Tim Darkalhutla hanya menimalisir penyebaran api, mereka belum bisa memadamkan dikarenakan arealnya terlalu luas yang sebagian besar lahan gambut, kita melakukan upaya lebih kepada preventif atau pencegahan saja, sementara upaya secara persuasif itu telah disepakati dilakukan oleh BKSDA dan BPBA maupun BPBD setempat, mereka kan mempunyai fasilitas pemadaman yang memadai,". Sebut Ka. KPH IV Aceh. 

Untuk saat ini sambungnya perlu adanya koordinasi seluruh Stachlohder di Aceh Barat dengan pihaknya selalu dinas teknis dalam menimalisir pemadaman karhutla ini. Tutup M. Daud Kabid Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam sekaligus Plt Kepala KPH IV DLHK Aceh ini. 

Sementara itu Keuchik Gampong Nipai M. Saman mengaku saat ini api dilahan gambut belum padam, diperkirakan lahan terbakar 100 hektar hanya di Kecamatan Woyla Barat sejak sepekan lalu. 
"faktor hembusan angin membuat api terus merambah dan  membakar hutan gambut, 
tim BPBD Aceh Barat juga turun hari ini dilokasi yang berbeda,". Sebut Keuchik Nipai. 

Ia berharap perlu ditangani dengan serius sebelum kebakaran hutan gambut lebih meluas lagi pintanya. (*) 

(Kabid Perlindungan dan Konservasi sumber daya Alam DLHK Aceh/Al Fadhal Anggota Pengamanan Hutan KPH II)

Popular Posts