Disnakan Karawang Sarankan Petani Garam Jual Ke Pelaku Usaha Langsung

Karawang,MA- Dinas Perikanan Kabupaten Karawang,  menyarankan petani garam untuk menjual langsung kepada pelaku usaha pengrajin  pindang dan ikan asin mengingat anjloknya harga garam.

"Kami sudah sarankan untuk menjual langsung kepada pelaku usaha. Seperti pedagang pindang dan ikan asin," kata Sekretaris Dinas Perikanan, Abuh Bukhori.

Ia mengatakan untuk saat ini harga garam di Karawang mencapai Rp700 perkilogram. Anjloknya harga garam itu akibat, penuhnya stok di gudang penampung milik perusahaan swasta. Sehingga mereka enggan membeli garam di tingkat petani.

"Saya juga kurang tahu. Tetapi kalau kata petani. Para pengusaha ini memiliki pasokan garam yang melimpah di gudangnya," katanya.

Lanjutnya, beberapa hari lagi petani garam di Karawang akan melakukan panen raya. Sedikitnya 2.000 garam akan dipanen di lahan seluas 200 hektar.

Untuk solusinya, hasil panen tersebut sementara akan disimpan di gudang garam nasional. Sehingga ketika harga garam kembali normal. Garam-garam tersebut akan dikeluarkan untuk menghindari kerugian dari petani garam lokal. (yon/suparman)

Popular Posts