Dandim 0401/Muba: Isi Kemerdekaan salah satunya melalui Bhakti TNI Program TMMD


MUBA,MA- Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah tertinggal, terisolasi, perbatasan, dan daerah kumuh perkotaan serta daerah yang terkena dampak akibat bencana, Senin (08/07/19).

TMMD merupakan wujud kemanunggalan TNI bersama rakyat, karena rohnya TNI berasal dari rakyat. Dan TMMD sendiri adalah bentuk Perubahan yang mana pada Tahun 1980-an adalah bernama AMD (ABRI Masuk Desa) Seiring dengan adanya Reformasi ABRI, dengan dipisahkannya Kepolisian Negara Republik Indonesia dengan TNI melalui upacara pemisahan pada tanggal 1 April 1999, ABRI Masuk Desa berubah nama menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). 

Perubahan sebutan dari ABRI Masuk Desa menjadi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), ternyata tidak merubah tujuan awal dari dicetuskannya pelaksanaan AMD untuk pertama kalinya, selain untuk lebih mempererat kemanunggalan TNI dengan Rakyat, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, meningkatkan dan memantapkan kesadaran bermasyarakat, berbangsa, bernegara, bela negara dan disiplin nasional. 

Program TMMD tersebut ternyata berhasil mencapai sasaran yang di programkan, baik sasaran fisik maupun nonfisik, keberhasilan tersebut bahkan mengilhami lahirnya program-program manunggal lainnya seperti TNI Manunggal Pertanian, TNI Manunggal Aksara, TNI Manunggal KB-Kes, TNI Manunggal Sosial Sejahtera, TNI Manunggal Sembako dan TNI Manunggal Reboisasi yang pernah dilaksanakan oleh TNI. 

Selanjutnya, TMMD sudah memasuki masa Ke - 105 yang mana saat ini TMMD mengemban tema "Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat " salah satu satuan yang saat ini mendapatkan amanah untuk membawa dan mengentaskan desa miskin dan terisolir wilayah Komando Ditrik Militer 0401/Muba yang dimana dipimpin Dansatgas Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzamani,Ssos bersama Jajaran Satuan lainnya.


Komandan Kodim 0401/Muba Letkol Arm Muh Saifudin Khoiruzzaamani,Ssos mengatakan sejak tahun 1945 TNI selalu bersama rakyat.

"Sebagai wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat tentu tidak secara serta Merta dapat diwujudkan hanya pada saat situasi perang saja. Lebih dari itu semenjak lahirnya TNI pada tahun 1945 selalu bersama sama dengan rakyat membela serta mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia," Ujarnya.

Kemudian Dandim 0401/Muba pun menjelaskan dalam mengisi kemerdekaan TNI telah mampu membuktikan dan mencari solusi dalam kesulitan rakyat.

"Dalam mengisi kemerdekaan pun TNI telah menunjukkan kebersamaanya bersama rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan berusaha untuk senantiasa menjadi contoh dan mempelopori usaha usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. Dalam aplikasinya bila kita lihat di masyarakat saat ini dapat kita temui dalam Bhakti TNI berupa TMMD (Operasi Bhakti) maupun Karya Bhakti di Wilayah - wilayah yang dirasa sangat membutuhkan," Jelasnya.

Lanjut Dandim Iapun berharap agar selalu menjaga Kemanunggalan TNI-Rakyat yang sudah terjalin.

"Harapan saya selaku Dandim 0401/Muba bagi Prajurit TNI kepada rakyat agar kebersamaan dan kemanunggalan TNI - Rakyat yang selama ini sudah terjalin agar ditingkatkan terus. Ingat bahwa rakyat adalah ibu kandung kita. Seperti slogan yang sedang populer saat musim kemarau seperti ini "Jaga alam maka alam akan menjagamu, demikian pula dalam pergaulan sehari hari TNI dengan rakyat maka "Belalah Rakyatmu Maka Rakyat akan Membelamu," Tandasnya. (Jahri)

Popular Posts