Bupati Purwakarta Ibaratkan Nyi Pohaci itu Padi bukan Dewi Kesuburan

Purwakarta,MA- Maraknya informasi kecaman, terkait hal serangkaian kegiatan Mitembeuyan (permulaan dalam bahasa Indonesia) di Hari Jadi Purwakarta ke 188 & Kabupaten ke 51, di berbagai media sosial pada saat ini, dengan mengangkat tema Nyi Pohaci, sehingga ramai diperbincangkan oleh warga setempat, akhirnya membuat Bupati Purwakarta Hj Anne Ratna Mustika angkat bicara.

Menurut Anne, tema yang diangkat dari hari jadi kabupaten Purwakarta dan kota Purwakarta itu tidak dikaitkan dengan hal-hal mistik, hanya bersifat melambangkan Padi saja. "Pemahaman dari tema Nyi Pohaci sebagai dewi kesuburan, itu salah besar," dan adanya masukan/nasihat dari MUI Purwakarta tertanggal 15 Juli 2019 itu, diharapkan agar tidak sangkut pautkan dengan yang lain.

Agar terhindar dari kesalahpahaman seolah-olah Nyi Pohaci identik dengan dewi kesuburan, menurut Bupati Purwakarta, padahal yang dimaksud dalam "Tema Nyai Pohaci dalam budaya Sunda digambarkan sebagai Padi (beras). Padi sendiri, merupakan bahan dasar konsumsi utama masyarakat di Indonesia, tak terkecuali di Jawa Barat serta tema tersebut merupakan bagian dari mengingatkan seluruh elemen masyarakat akan manfaat dan pentingnya Padi," ujarnya dalam informasi yang disampaikan kepada warga di Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jabar.(Yusup Bachtiar)

Popular Posts