Bupati Garut Jamin Ketersediaan Air Bersih Dampak Musim Kemarau Bagi Warga

Garut,MA-Pemkab Garut menjamin ketersediaan air bersih bagi warga yang mengalami kekeringan dampak dari musim kemarau. Sebanyak delapan tangki besar sudah disiapkan bagi warga yang membutuhkan.

"Kami siapkan delapan tangki besar. Kalau ada yang membutuhkan langsung lapor saja. Mau jam 02.00 atau jam berapa pun air akan segera dikirim. Pokoknya bila diperlukan kami siap 24 jam," ujar Bupati Garut, Rudy Gunawan, Senin (15/07/2019).

Ditambahkan Bupati, Pemkab Garut juga telah membentuk Tim Reaksi Cepat Siaga Kemarau (TRCSK) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

"Pusdalop (pusat pengendalian operasi) sudah di BPBD. Kalau ada yang butuh, tinggal lapor ke desa atau kecamatan saja," ucapnya.

Tim TRCSK, kata Bupati, terdiri dari sejumlah dinas terkait untuk menangani berbagai permasalahan di masyarakat menyangkut kekeringan dampak dari musim kemarau, seperti kebutuhan air bersih, kekurangan pangan, kebakaran hutan, dan kekeringan sawah.

"ada 10 kecamatan di Kabupaten Garut yang berpotensi rawan kekeringan. Di antaranya Cibatu, Leuwigoong, Cibiuk, Malangbong, Selaawi, Cilawu, Sukaresmi, Pamulihan, Pakenjeng, dan Kecamatan Bungbulang," ujarnya.

Bupati menambahkan,  untuk lahan pertanian nanti ada di Dinas Pertanian. Pemerintah akan bantu benih untuk yang puso. Anggaran kekeringan ini ada dari BTT (biaya tak terduga). Masih ada Rp 2,5 miliat BTTnya, pungkasnya.(yon/hnp)

Popular Posts