Sediakan Daging Megang, Pedagang Kesulitan Barang Baku


Media Advokasi.Com, Kabupaten Aceh Utara,
Menjelang perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1440 H yang diperkirakan akan jatuh pada Rabu 6 Juni 2019 (menunggu kepastian sidang Isbat Kemenag hari ini Senin 3 Juni 2019, red) ummat Islam di seluruh pelosok nusantara dan bahkan dunia mengikuti ritual megang dengan menyembelih hewan untuk mereka konsumsi bersama keluarga. Khususnya di Aceh, perayaan megang lazimnya berlangsung selama 2 hari yakni megang kecil hari pertama dan kedua dinamai megang besar.Senin,03-06-2019

Pantauan kontributor Media Advokasi.com, di salah satu pasar tradisional Matangkuli Aceh Utara mendapati tidak banyak warga yang berbelanja daging di megang kecil, sumber Media Advokasi.Com, di lapangan yang sedang berbelanja Hasanul (41 thn) meyakini bahwa memanfaatkan lengangnya pasar dan bisa memilih merupakan kelebihan berbelanja di megang pertama, "sudah kebiasa di hari pertama, ga macet" dia berargumen.

Disamping tidak macet Hasanul melanjutkan, memanfaatkan fasilitas pasar rakyat di megang pertama juga bisa dapat harga murah, biasanya harga daging kualitas nomor satu paha belakang 170 ribu perkilo, ni saya dapat 160 ribu perkilo, tambahnya.

Terpisah, Abu Simun (52 thn) salah satu penjual daging megang di pasar tradisional menjelaskan, megang kali ini agak susah diprediksi, belanja modalnya kemahalan, "payah bak tamita barang (lembu) yum pih meuhai, sulit dapat lembu dan mahal harganya". Demikian Abu Simun. (Om Bil).

Popular Posts