Pantai Manohara Meureudu, Dihari Pertama Lebaran Sepi Pengunjung

      Kantin Cemara di Pantai Manohara,                                                  Meureudu
Media Advokasi.com, Kabupaten Pidie Jaya-Aceh,
   Video Wawancara reporter Advokasi.com

Pantai Wisata Islami MANOHARA Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, dihari pertama lebaran Idul Fitri nampak sepi pengunjung. Hal itu dikarenakan hari pertama lebaran memang sudah lazimnya orang Aceh bersilaturrahmi ke tempat keluarga dan kerabatnya, sehingga untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, atau tempat hiburan memang tidak ada waktu.
    Suasana di Pantai Manohara masih sepi

Pantauan media Advokasi di hari (sore) pertama idul fitri 1440 H ke lokasi Pantai Wisata Manohara, Rabu 05/06/2019, suasana terlihat sepi. Hanya beberapa kawula muda dan keluarga yang datang menikmati udara pantai yang indah dan nyaman itu.
        Jembatan gantung di kantin Cemara

Pemilik kantin "CEMARA" di Pantai Manohara, Saiful yang diwawancarai media ini menjelaskan, memang dari dahulu sebelum tsunami Aceh tiba, di hari pertama lebaran pantai Manohara  memang sepi pengunjung.

"Di hari pertama lebaran, pantai ini memang sepi pengunjung, cuma satu dua orang saja yang ada, itupun para penduduk yang dekat-dekat sini saja. Nantilah di hari kedua sampai hari ke empat lebaran baru ramai," ucap Saiful.

Ditanya bangunan kantin dan kios-kios yang ada di Pantai Manohara apakah dibangun oleh pemerintah, dengan sigap Saiful menggelengkan kepala.

"Tidak. Tidak ada satupun bangunan kantin atau kios di sini yang dibangun pemerintah. Tapi semua kami (para pemilik kantin) yang membangun sendiri dengan modal sendiri," jelas Saiful.

Saiful juga mengungkapkan andai kata pemerintah mau membangun kios atau kantin, lalu disewakan kepada masyarakat, tentu masyarakat akan sangat terbantu.

"Iya, andai kata pihak pemkab menyediakan angggran untuk membangun bangunan kios, dan perlengkapan yang bisa menarik minat pengunjung, tentu akan sangat membantu masyarakat dalam mengelola kantin tersebut, yang tentu hasil kutipan bulanan dari masyarakat yang menyewa bisa dijadikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pidie Jaya. Dengan kata lain, masyarakat bisa terbantu pemkab juga ada PAD nya," ujar Saiful.

Terakhir, Saiful juga berharap agar pihak pemerintah bisa melirik Pantai Manohara adalah objek wisata Islamj yang perlu diperhatikan. Karena ini salah satu tempat wisata alami di bagian tengah Pidie Jaya yang juga mulai ramai pengunjungnya.(Ismed)

Popular Posts