Asal Usul Nama Danau Ulak Lia

Sumber foto:Komunitas Pesona musi banyuasin dan syam foto

MUBA,MA- Kabupaten Musi Banyuasin selain memiliki predikat kota olah raga, Kota Adipura, ternyata Kabupaten Musi Banyuasin Juga memiliki Sumber Daya Alam yang melimpah ruah, mulai dari perkebunan hingga pertambangan dan tak luput pula panorama alam yang mempesona tentunya dapat memanjakan mata bagi para pengunjungnya.

Salah satunya adalah Danau Ulak Lia, danau yang tersohor di kalangan masyarakat Sekayu yang bernuansa alami, terletak di kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Kabupaten Muba Provonsi Sumatera Selatan memiliki misteri tersendiri.

Konon menurut cerita masyarakat Sekayu yang melegenda, bahwa nama Danau Ulak Lia berasal dari nama seorang gadis yang cantik yang bernama “Lia” Iapun hilang ketika mandi, sementara Ulak berarti pusaran air, sehingga dapat diartikan pusaran air danau yang menghanyutkan gadis bernama Lia.

Dalam jangkauan sejauh mata memandang, pusaran air tersebut tidak pernah terlihat hingga detik ini, sehingga menjadi misteri tersendiri yang belum terungkap benar atau tidaknya cerita yang melegenda tersebut tentang asal usul nama Danau Ulak Lia.

Terlepas dari itu semua, Danau cantik nan alami tersebut merupakan panorama Alam yang merupakan salah satu akset Kabupaten Musi Banyuasin, dan di harapkan kedepannya bisa dikelola menjadi tempat wisata yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga dapat mendongkrak perekonomian khususnya bagi masyarakat Sekayu dan umumnya masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin. (KPMB/Jahri)

Popular Posts