Agar PH Tanah Normal Kembali Sehabis Tanam Padi Petani Lhok Sandeng Sepakat Tanam Jagung

Media Advokasi.Com, Kabupaten Pidie Jaya,
Untuk mengembalikan kondisi tanah dipesawahan Gampong Lhok Sandeng, Kecamtan Meurah Dua,Kabupaten Pidie Jaya.para petani sepakat menanam jagung sehabis panen padi,hal itudilakukan untuk mengembalikan PH tanah normal kembali memasuki pada tanam padi rendengan pertengahan tahun 2019.Pantauan media ini di lokasi Senin,03/06/2019.

Sekitar 20 orang petani Lhok Sandeng sepakat untuk menanam jagung dengan luas semua lahan sekitar 20 H. Dan sebagian petani ada juga yang menanam cabe, terong, kacang panjang dan timun. Para petani Lhok Sandeng merasa sangat membantu karena mereka mendapat bantuan bibit dari Dinas Pertanian Pidie Jaya pada akhir 2018.

Saat ini umur jagung diperkirakan sudah 1 bulan dan tingginya sekitar 60 cm, pertumbuhannya sangat bagus karena tanah masih tersisa pupuk tanam padi kemaren, sehingga tanaman jagung tumbuh subur dan menghijau,juga dikarenakan para petani sangat memperhatikan tanamannya dengan cara merawat dan memberikan pupuk pada tanaman  jagungnya.

Beberapa anggota kelompok tani Lhok Sandeng yang diwawancarai media ini mengatakan mereka sangat bersyukur atas bantuan bibit dari pemerintah  Pidie Jaya melalui Dinas Pertanian dan Pangan.

"Saya sangat berterima kasih kepada dinas pertanian yang telah memberikan bantuan bibit kepada kelompok tani di Gampong Lhok Sandeng, meskipun tanpa pupuk dan petisida ataupun intektisida namun telah mengurangi anggaran kami untuk pembelian bibit jagung," ucap Sulaiman Isa.

Sementara Ridwan juga menjelaskan rasa terimakasihnya kepada Dinas Pertanian karena telah memberikan bantuan bibit jagung.

Ketua Kelompok Kechik Ilyas juga menerangkan berdasarkan keterangan dan pengalaman masyarakat kelompok tani bahwa menanam jagung diwaktu senggang memasuki masa rentengan ini akan membuat kesuburan tanah kembali normal.Kechik Ilyas juga berharap agar Dinas Pertanian Pidie Jaya agar memberikan bantuan pupuk dan racun hama kepada petani Lhok Sandeng bukan hanya bibit jagung saja.

"saya mohon kedepannya pihak dinas dapat memberikan pupuk dan racun hama mengingat petani kami di Gampong Lhok Sandeng rata-rata penduduknya kurang mampu, agar masyarakat tani lebih serius dalam merawat tanamannya agar hasil panen yang didapat nantinya sesuai dengan harapan," harap Ilyas. (Lia).
  

Popular Posts