5 Tips Orang Tua Buat Anak Kecanduan Baca Al Qur’an.


Media Advokasi.com, Lhokseumawe.
Anak-anak merupakan anugerah terindah buat orangtua, anak seperti kain putih yang harus didesain oleh ibu dan ayahnya. Sejak dari kecil, berbagai kebiasaan telah diberikan orangtua kepada anak-anak agar mereka dapat tumbuh dengan baik. Salah satu kebiasaan orangtua dalam mendidik anak-anaknya ialah memberikan pendidikan untuk membaca Al-Qur’an.

Dikutip dari penelusuran situs siakap keli pada Kamis (20/06/19) berikut beberapa pendekatan yang mestinya dipedomani oleh para orang tua dalam upaya melatih anaknya agar cinta Al-Qur’an :

1. Berhenti Menyuruh Anak.
Orang tua sebaiknya tidak menyuruh anaknya saja untuk membaca Al-Qur’an, artinya sebagai orangtua kita tidak hanya meyuruh anak tapi harus memberikan tauladan atau contoh yang baik kepada anak-anak terlebih dahulu. Sebagai contoh, kita sebagai orang tua senantiasa membaca Al-Qur’an tatkala selesai Shalat wajib, hal ini demi memberikan tauladan kepada anak.
Bisa jadi awalnya anak-anak merasa cuek dan mengintipnya saja. Namun, selang beberapa lama kemudian anak mulai penasaran dan mendekati orang tua karena penasaran hingga mereka pun ingin belajar dan membiasakan baca Al-Qur’an. Jika hal itu konsisten dilakukan, maka orangtua tidak perlu menyuruh dulu anaknya untuk membaca Al-Qur’an tapi justru sang anak yang menginginkannya.

2. Meluangkan Waktu untuk Membuat Halaqah Al-Qur’an.
Orang tua yang bijaksana senantiasa membuat agenda keluarga untuk halaqah Al Qur'an dengan menyepakati hari tertentu dalam seminggu mewajibkan keluarganya untuk membuat halaqah, dimana mereka duduk dalam lingkaran, kemudian bergantian membaca Al-Qur’an.

3. Tadabbur Terjemahan Al-Quran.
Agar anak-anak tertarik untuk mentadaburi Al-Qur’an, sedianya dimulai dengan membiasakan tadabbur terjemahan Al-Quran. Akhirnya setelah ia konsisten, anak-anak pun penasaran dan ingin mengikuti apa yang dilakukan mereka orang tuanya. Saat mereka mendengarkan tadabbur terjemahan Al-Qur’an, anak-anak mulai mengerti makna dari ayat-ayat Al-Qur’an yang setiap hari mereka baca.

4. Mencoba Menghafal Al-Qur’an Bersama.
Jika sebelumnya anak-anak kita di rumah biasa menghafal Al-Qur’an sendiri, maka untuk membuat mereka tidak bosan menghafal Al-Qur’an, sejatinya orang tua mengajak anaknya untuk menghafal Al-Qur’an secara bersama-sama. Setelah orang tua ikut menghafal Al-Qur’an, baru disadarai betapa susahnya menghafal Al-Qur’an maka akhirnya orang tua pun memahami apa yang anak-anaknya lalui dalam hal menghafal Al-Qur’an.

5) Puji Anak Di Depan Keluarga Terdekat.
Untuk membuat minat anak semakin besar terhadap Al-Qur’an, alangkah indahnya bila orang tua juga memberikan apresiasi dan sugesti dengan memuji setiap perkembangan anaknya dalam mempelajari Al-Qur’an kepada orang-orang terdekat dalam lingkaran keluarga seperti paman, sepupu dll, agar mereka merasa diakui dan semangatnya semakin besar untuk mempelajari Al-Qur’an.

Bagaimana orang tua bijak??, apakah Anda sudah memahami tips cerdas untuk mengajak anak-anak anda mencintai Al-Qur’an. Yaps, intinya sebelum orangtua mengajak anak untuk cinta Al-Qur’an maka orang tua harus terlebih dahulu mencintai Al-Qur’an, barulah kemudian lahir anak-anak pecinta Al-Qu’ran. Selamat menjadi pendidik cerdas dan bijaksana serta selamat mencoba (Om Bil).

Popular Posts