Wakil Bupati Dan Kapolres Garut Adakan Sidak Ke Pasar Ciawitali Guntur




Garut, MA - Jelang bulan Ramadan 1440 Hijriah, Wakil Bupati Garut H. Helmi Budiman bersama Kapolres Garut Kapolres AKBP Budi Satria Wiguna melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Ciawitali Guntur, Tarogong Kidul Garut, Kamis (02/05/2019).


Dalam pelaksanaan sidak tersebut, selain Wakil Bupati dan Kapolres dihadiri pula diantaranya, Kasdim 0611/GRT Mayor Hamzah, kasipidum Kejari, Kabid Perdagangan Disperindag, Kabid humas Kominfo, Kasatpol PP beserta Forkomkec Tarkid Garut, mendatatangi pasar Ciawitali untuk memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan di Garut.

Usai menggelar Operasi Pasar tersebut, Wakil Bupati menyampaikan, dari hasil pantauan yang baru saja di gelar, secara keseluruhan baik barang maupun harga masih relatif stabil.

”Stok kebutuhan dan harga relatif stabil, kecuali bawang putih yang saat ini mengalami kendala harga dan stok barang yang masih jarang, normalnya 15–20 ribu, namun saat ini harga dari bandar besar mencapai 45–50 ribu," ungkap Helmi Budiman.

Masih kata Helmi, untuk mengatasi hal ini Pemkab Garut akan berkoordinasi dengan pihak Bulog guna pengatasi permasalahan ini, kemudian keluhan terkait petani cabe yang mengalami kendala mengatasi hama sehingga menurunkan kualitas dan hasil cabenya.

”Dinas Pertanian akan segera memberikan solusi kepada petani cabe yang ada di kabupaten Garut, jadi sekali lagi untuk saat ini harga–harga masih relatif normal, ada yang naik seperti telur tetapi ada juga yang turun seperti beras yang mengalami penurunan 1000 rupiah," jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Garut Budi Satria Wiguna menyatakan, pihaknya akan terus memantau pèrkembangan harga–harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa ini.

”Hal ini kita lakukan untuk mengatasi permasalahan permainan harga bahan pokok yang biasa dilakukan oleh para bandar dan pedagang, termasuk penimbunan barang," ucap Budi Satria Wiguna.

Lanjut Budi, sampai saat ini harga–harga kebutuhan pokok yang baru saja kita pantau masih relatif stabil, kecuali di bawang putih yang mengalami kenaikan dan cabe yang turun kulitasnya akibat hama.

”Kita akan kembali lagi melakukan operasi pasar hingga menjelang bulan puasa dan hari raya Idul Fitri ke depan," pungkasnya. (yon/hnp)

Popular Posts