Tentang Penobatan Duta Budaya dan Hadiah Umrah Untuk FAUL, Ini Pertimbangan Bupati Bener Meriah



Bener Meriah, MA - Bupati Bener Meriah Tgk.H.Sarkawi,Saat memimpin Apel Bersama seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Bener Meriah, (13/5) di Lapangan Upacara Sekretariat Daerah Kabupaten Bener Meriah yang rutin dilaksanakan pada setiap hari Senin, 13-05-2019.


Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi memberikan klarifikasi terhadap keputusannya untuk menetapkan Fauzul Abdi atau yang dikenal luas dengan panggilan FAUL sebagai Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah serta pemberian hadiah umrah untuk FAUL.

Seperti yang sudah di ketahui oleh masyarakat bener meriah dan gayo pada umum nya, bahwa FAUL adalah seorang anak yatim piatu asal Kabupaten penghasil kopi Arabika Gayo dan berhawa sejuk, yakni Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh telah mengejut dunia industri musik nasional khususnya dunia tarik suara jenis lagu-lagu dangdut setelah beliau dinobatkan dan meraih gelar Juara I pada ajang bergengsi Liga Dangdut (LIDA) Indonesia stasiun TV Indosiar, Sabtu (4/5/2019).

Pasca peraihan juara I dalam even LIDA FAUL dengan difasilitasi oleh stasiun TV Indosiar diberi kesempatan untuk pulang kampung (saweu gampong =Aceh), yakni ke kampung halaman tempat kelahirannya Bener Pepanyi Kampung Darussalam, Kecamatan Permata, Kabupaten Bener Meriah dan mendarat mulus di bandara kebanggaan masyarakat wilayah tengah Aceh, yaitu bandar udara Rembele, Minggu (5/5/2019).

Informasi kepulangan FAUL sontak mengejut ribuan pendukung dan penggemarnya yang berada di wilayah tengah Aceh ini, khususnya warga Kabupaten Bener Meriah dan Aceh; sehinngga kedatangannyapun disambut dengan meriah dan penuh suka cita melebihi kedatangan kepala negara sekalipun serta mengarak “Sang Juara LIDA Indonesia Indosiar 2019″ mengelilingi kota kedua kabupaten serumpun dan bersaudara tersebut dan disambut antusias oleh seluruh masyarakat dengan teriakan FAUL-FAUL dan lambaian tangan pada rute yang dilalui ribuan pendukung dan pencuta FAUL yang mengiringi pawai arakan dimaksud sebari menyanyikan yel-yel ” Ala runr-rune…! Ala runang-runang…! Alhamdulillah FAUL menang….!!! yang tiada henti-hantinya.

Dalam monentum pulang kampung ini pulalah Pemerintah Kabupaten Bener Meriah mengundang secara khusus FAUL beserta seluruh kru TV Indosiar dan sejumlah pegiat Komunitas Pendukung FAUL Kabupaten Bener Meriah untuk bersilaturrahim dan menjamunnya di Pendopo Bupati Bener Meriah, Sabtu (4/5/2019) ba’da magrib sekaligus menampilkan atraksi budaya kepada tamu daerah Wakil Duta Besar Austrlia untuk Indonesia Mr. Allaster Cox dan rombongan yang melakukan kunjungan kerja ke Aceh pada (3 -8/5/2019) yang saat itu bertemu Pimpinan Daerah dalam rangkaian kunjungannya bertemu pimpinan daerah dan masyarakat, serta mengunjungi program-program pembangunan yang didanai pemerintah Australia seperti peningkatan layanan kesehatan dasar, pendidikan dan identitas hukum dan akses terhadap keadilan untuk perempuan dan anak dengan menampilkan seni didong dan di-ceh-i langsung oleh FAUL.

Pada malam silurrahim Sabtu (4/5/2019) itulah Bupati Bener Meriah yang didampingi Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Khairun Aksa, SE., MM dan sejumlah Kepala SKPK terkait mencetuskan pemberian hadiah umrah untuk FAUL dan hal ini pula diumumkan oleh Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi saat menobatkan FAUL sebagai “Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah”, Senin (6/5/2019).

Terkait pemberian hadiah umrah kepada FAUL dan penobatan FAUL sebagai Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah tersebut, belakangan ini di media sosial ada beredar selentingan “Kok Pedangdut” diberi hadiah umrah….? dan “Kok FAUL” dinobatkan sebagai Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah…?.

Menyikapi itu Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi dalam penjelasannya menyampaikan, “Pemberian hadiah umrah dengan pertimbangan, Pertama, FAUL merupakan seorang anak muda Bener Meriah yang berprestasi di bidang dunia dangdut, walau saya sendiri tidak menyukai dangdut sejak dulu, namun atas prestasinya itu wajar kita memberikanya sebagaimana layaknya yang telah kita berikan kepada guru berprestasi, penyuluh pertanian berprestasi, pegawai berprestasi, tenaga kesehatan berprestasi dan beberapa yang lain yang telah kita berangkatkan umrah; Kedua, apapun alasannya FAUL kini sudah masuk kedunia keartisan dan untuk melindunginya dari pengaruh-pengaruh negatif, maka FAUL perlu kita lindungi dan salah satunya adalah dengan cara meng-umrah-kannya sehingga beliau kita minta untuk berdo’a dan menujat kepada Allah SWT agar selalu diberikan petunjuk dan menuntunnya serta memelihara dari hal-hal yang negatif dalam mengarungi hidup dan kehidupannya ke depan dan Ketiga, setidaknya FAUL ke depan akan berhati-hati dalam bersikap, bertingkah laku dan bertindak karena beliau kita bungkus dengan nilai-nilai agama dan kami berpesan kepadannya langsung agar dirinya selalu menyelipkan nilai-nilai agama dan dakwah dalam lantunan lagu-lagu yang dinyayikannya”, jelas Bupati Tgk. H. Sarkawi.

“Sebagai Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah, FAUL kita harapkan kedepan terus mempromosikan dan memperkenalkan budaya-budaya tradisional Gayo secara luas ke seantero nusantara bahkan dunia, seperti Kerawang Gayo, Didong Gayo, Tari-tarian Gayo dan budaya-budaya kita yang lainnya termasuk promosi wisata dan kopi Gayo, sehingga dengan sendirinya budaya-budaya kita ikut terangkat dikancah nasional dan dunia terlebih ke depannya FAUL punya peluang untuk tampil kembali di even Dangdut Akademi Asia”, sebut Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menjelaskan alasan dan pertimbangannya menobatkan FAUL sebagai Duta Budaya Kabupaten Bener Meriah.

FAUL juga pada malam ke-2 ramadhan yang lalu diberikan kesempatan sebagai mu’azin untuk mengumandangkan azan sebelum pelaksanaan shalat Isya dan shalat sunnat tarawih dan witir dan bertausyiah memotivasi generasi muda untuk terus berkarya dan berprestasi dibidangnya masing-masing dengan selalu mengedaepankan nilai-nilai agama di Mesjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong dan informasi itu juga menyebar melalui media sosial dan dari mulut, sehingfa pada malam itu juga jema’ah Mesjid Agung Babussalam Simpang Tiga Redelong terlihat diramaikan oleh para pendukung dan pencinta FAUL untuk melihat langsung dan menikmati merdunya lantunan azan yang dikumandangkan oleh FAUL “Sang Juara”. (Pujo)

Popular Posts