Resep Takjil Kolak Pisang Kolang Kaling



Bandung, MA - Bulan Ramadan 1440 H sudah tiba, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Seharian berpuasa, berbuka puasa merupakan saat yang ditunggu-tunggu.

Biasanya, masyarakat berbuka puasa dengan yang manis-manis dan menyegarkan. Selama bulan Ramadan, akan berbagi resep takjil untuk berbuka puasa.

Hari ini, akan berbagi resep kolak pisang kolang kaling. Rasanya menu takjil yang satu ini sudah akrab di masyarakat. Bagia sebagian besar masyarakat, rasanya berbuka puasa belum lengkap kalau tidak menyantap kolak.

Kolak mempunyai banyak varian, ada kolak pisang labu, kolak pisang ubi, kolak pisang biji salak, dan banyak lagi variannya. Kali ini  akan memberikan resep membuat kolak pisang kolang kaling.

Bahan-bahan:
10 buah pisang kepok
150 gram kolang kaling (dicuci bersih, tiriskan)
300 gram gula merah
1500 ml air
400 ml air (untuk merebus gula merah)
700 ml air (untuk merebus singkong)
1.500 ml santan
Gula pasir secukupnya
Garam secukupnya
2 lembar daun pandan

Cara membuat:
Pisang dikupas, lalu potong serong setebal 1 cm. Gula merah dan daun pandang direbus hingga cair dan mendidih. Angkat kemudian saring.

Didihkan air, masukkan kolang-kaling. Rebus hingga kolang kaling empuk dan matang. Kemudian tuangi santan, larutan gula merah dan garam.

Didihkan sambil sesekali diaduk-aduk supaya santan tidak pecah. Jika kurang manis, tambahkan gula pasir secukupnya.

Kolak pisang kolang kaling bisa disantap saat hangat atau dingin. Jika ingin dingin, tambahkan potongan es batu. (yon/net)

Popular Posts