Resep Takjil Es Kuwut Melon



Bandung, MA - Bulan Ramadan 1440 H sudah tiba, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Seharian berpuasa, berbuka puasa merupakan saat yang ditunggu-tunggu.

Biasanya, masyarakat berbuka puasa dengan yang manis-manis dan menyegarkan. Selama bulan Ramadan, akan berbagi resep takjil untuk berbuka puasa.

Pada hari ke-6 puasa,  akan berbagi resep es kuwut melon. Minuman khas Bali ini berbahan dasar air kelapa muda dicampur serutan buah melon, jeruk nipis, dan selasih. Menyegarkan, cocok untuk mengusir dahaga selama menjalankan puasa. Berikut resep es kuwut melon, selamat mencoba.

Bahan-bahan:
1 buah kelapa muda
250 gr buah melon
1 sendok makan selasih
2 buah jeruk nipis
800 ml air kelapa muda
100 gr gula pasir

Cara membuat:
Keruk daging kelapa muda dan melon, sisihkan. Campur gula dengan sedikit air panas, aduk hingga gula larut. Rendam biji selasih denga air panas, kemudian tiriskan. Peras jeruk nipis, sisihkan.

Tuang gula cair pada campuran air kelapa muda. Beri air perasan jeruk nipis dan aduk rata. Tambahkan daging kelapa muda, melon dan selasih. Aduk rata semua bahan.

Apabila tidak langsung disajikan, simpan di kulkas. Es kuwut melon paling nikmat disajikan saat dingin. Akan lebih nikmat jika disajikan dengan tambahan es batu dan potongan jeruk nipis. (yon/stp)

Popular Posts