Resep Takjil Es Kacang Merah



Bandung, MA - Bulan Ramadan 1440 H sudah tiba, saatnya umat Islam melaksanakan ibadah puasa. Seharian berpuasa, berbuka puasa merupakan saat yang ditunggu-tunggu.

Biasanya, masyarakat berbuka puasa dengan yang manis-manis dan menyegarkan. Selama bulan Ramadan, akan berbagi resep takjil untuk berbuka puasa.

Hari ini, akan berbagi resep es kacang merah. Minuman ini sangat terkenal. Di Indonesia, es kacang merah identik dengan Kota Palembang. Di Korea pun ada es kacang merah.

Selain menyegarkan, es kacang merah juga cukup mengenyangkan, sehingga cocok disantap sebelum makan malam setelah berbuka puasa. Berikut cara membuat es kacang merah.

Bahan-bahan:
250 gr kacang merah (rendam sekitar 4 jam supaya empuk)
Daun pandan 3 lembar (cuci bersih dan ikat sebelum dimasak)
10 buah nangka (potong kecil-kecil)
Susu kental manis secukupnya
300 ml santan kental
1 sendok makan bubuk cokelat
Gula pasir secukupnya
Vanila secukupnya
Garam secukupnya
Es batu, es kristal atau es parut dan air bersih secukupnya

Cara membuat:
Siapkan panci untuk merebus kacang merah. Rebus kacang merah yang sudah direndam dengan api sedang kecil sampai benar benar empuk. Setelah empuk masukkan daun pandan yang sudah dicuci bersih. Aduk aduk sebentar.

Masukkan garam dapur, gula, dan vanili bubuknya. Aduk aduk sebentar sampai semua bahan tercampur rata.

Larutkan bubuk cokelat dengan air secukupnya. Tuang ke dalam adonan dan aduk aduk sebentar sampai mendidih dan kacang merah agak mengental.

Masak santan dan beri sedikit garam. Aduk aduk sampai santan mendidih. Jangan lupa jaga jangan sampai santan pecah.

Setelah semua bahan masak, dinginkan. Cara penyajiannya, taruh kacang merah dalam wadah gelas atau mangkok. Beri irisan nangka dan beberapa butir es batu. Terakhir, tuang dengan santan kental dan beri sedikit susu kental manis di atasnya. (yon/net)

Popular Posts