Indah Cahaya Mentari Raih Penghargaan Kategori 4 Terbaik KKP Tingkat Nasional




Gayo Lues, MA - Indah Cahaya Mentari (ICM) dari SMAN 1 Blangkejeren (Smansa Bkj) Kabupaten Gayo Lues meraih penghargaan kategori 4 terbaik tingkat nasional yang digelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan SMA di Bogor tanggal 29 April - 4 Mei 2019. ICM adalah satu dari dua penerima plakat dan penghargaan yang berhasil diraih oleh Probinsi Aceh dalam lomba Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) tingkat nasional.


Kepala SMAN 1 Blangkejeren Aguswati Gulo, M. Pd menjelaskan, hasil ini memang bukan diraih begitu saja melainkan berkat kerjasama yang baik dengan Kodim 0113/Gayo Lues dalam membina dan melatih pramuka dan KKP di SMAN 1 Blangkejeren. Dukungan penuh dan motivasi dari Bupati Gayo Lues H. M Amru terhadap pembinaan siswa di sekolah tersebut, serta dukungan dari para wali murid dan masyarakat yang peduli terhadap dunia pendidikan.


Selain itu, berkat keseriusan siswa dalam mengikuti pembinaan pramuka dan kegigihan kakak-kakak pembina dan pelatih serta anugerah dari Allah SWT untuk siswi SMAN 1 Blangkejeren atas nama Indah Cahaya Mentari.


"Harapan kami sebagai keluarga besar Smansa Bkj semoga kedepan kita juga lebih intensif membina dengan harapan anak-anak kami juga  mampu menuai prestasi dibidang lain", kata Aguswati, Sabtu (04/05/19) di ruang kerjanya.


KKP merupakan salah satu wadah pembinaan kesiswaan yang berorientasi pada penumbuhan dan penguatan karakter siswa, lanjut Aguswati. Aktivitas yang dirancang dalam KKP mencakup pelatihan kepemimpinan, kedisiplinan, kebangsaan, kreatifitas dan kepedulian yang diharapkan mampu melatih siswa untuk melahirkan solusi yang kreatif dan inovatif.

Sebagai informasi, kegiatan KKP ini pertama digelar antar sekolah, pada tanggal 13 Oktober 2018 lalu yang digelar oleh Pusat Peningkatan Mutu Guru (PPMG) Kabupaten Gayo Lues. Tampil sebagai juara I adalah SMAN 1 Blangkejeren, juara II SMAN 1 Rikit Gaib, Juara III SMAN 1 Blangpegayon dan juara IV SMAN 1 Blangjerango.

Bagi peserta yang meraih juara digembleng oleh Kodim 0113/Gayo Lues di Bumi Perkemahan Sepang selama 3 hari yaitu pada tangal 26-28 Oktober 2018 untuk persiapan mengikuti lomba tingkat Provinsi Aceh pada tanggal 1-4 November 2018 di Banda Aceh.

Selanjutnya dari 8 siswa yang berangkat 1 diantaranya masuk 8 besar nominator KKP tingkat provinsi atas nama Indah Cahaya Mentari. Siswi yang berasal dari SMAN 1 Blangkejeren ini salah satu dari 8 peserta mewakili Provinsi Aceh berangkat ke Bogor untuk mengikuti lomba KKP tingkat nasional pada tanggal 29 April-4 Mei 2019. Dan akhirnya Indah Cahaya Mentari menerima plakat dan penghargaan kategori 4 terbaik nasional.

"Terima kasih kepada Bapak Bupati atas dukungan dan motivasinya, terimakasih kepada Kodim 0113/Gayo Lues atas sumbangsihnya membina dan melatih pramuka SMAN 1 Blangkejeren. Terima kasih juga kepada pihak-pihak terkait atas kerjasamanya dan terimakasih kepada dewan guru dan orang tua siswa atas dukungannya," tutup Aguswati. (Hendri)

Popular Posts