HUT TNI AU Ke 73



Palembang, MA - Acara sambutan kegiatan panggung prajurit dan pameran alutsista TNI Polri bulan Dirgantara tahun 2019 dalam rangka HUT TNI AU Ke 73 berlangsung Kamis, 2 Mei 2019 Pukul 10.00 Wib bertempat di Apron Bravo Lanud (Landasan Udara) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang.


Dalam acara sambutan kegiatan Panggung Prajurit dan Pameran Alutsista TNI-Polri Bulan Dirgantara Tahun 2019 dihadiri para pejabat diantaranya gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru SH MH, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan S.Ip, Kapolda Sumsel Irjen Pol Drs Zulkarnain Adinegara, kepala BNN Provinsi Sumatera Selatan Brigjen Pol.Panjaitan, Danrem 044 gapo Kol.Inf. Sonny Septiono diwakili oleh Letkol Inf. Imam P, Danlanud Sultan Mahmud Badaruddin (SMH) Palembang Kolonel PNB Heri Sutrisno S.Ip.MSI dan juga Danlanal Palembang diwakili Laksa Letkol Mar Amrul Ardiansyah.


Selain itu, hadir pula Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Yuri Karsono, Ketua Asosiasi Otomotif Dirgantara Palembang (AODP) juga Kabasarnas Palembang Berty D. J. Kowas serta dihadiri 1000 orang pengunjung dan tamu undangan lainnya.


Dalam acara HUT TNI AU ke 73 ini, masing-masing pejabat utama yang hadir menyampaikan kata sambutannya. Usai sambutan Danlanud SMH selanjutnya meet and great dengan Pilot Penerbang F 16 dan Hawk 100/200 dan Refreshment.

Kemeriahan acara HUT TNI AU ke 73 tahun 2019 dimemeriahkan kegiatan Ikif D'Academy, Adie D'Academy, Melaniezee DP, Kopral Jono Band, Rajawali Air Force Band, Static Show, Fly Pass Pesawat Tempur TNI AU, Parade DJ/FDJ Se-Kota Palembang, Pertunjukan Band Indie Palembang, Games Activity, Games PUBG dan Mobile Legend, Sexy Dancer dan Pembagian Doorprize- Komunitas Motor dan Mobil juga Carnaval Budaya.

Diantara pameran yang ditampilkan dalam rangka HUT TNI AU Ke 73, kali ini yang mewakili TNI AD (Arhanud) meliputi SMB 28502, LMG 601417M, LMG 613368M, AW 13204, AW 13087, MINIMI 004653, MINIMI 003876, SS V4 012202, SS V4 012205, SS V4 012207, SS V4 012206, Sogun Y031196, Sogun Y041610X, Daewo 000603, Daewo 000675, Roket Pajangka 1 Stel 17) SMB Cis 1867,SS2 V4 : 4 pucuk, SMB 152 butir dan MINIMI 412 butir.

TNI AL tampil dan turut serta meramaikan HUT TNI ke 73 dengan menampilkan Sea Rider 32 Knot,Perahu Karet 6 Diarg, Senjata SS1 V2, Miniatur Kapal Perang, Miniatur Pedang Pora, Senjata 12,7 mm ( Mitraliur ), Miniatur Monjaga Yos Sudarso, Menekin VBSS Lanal Palembang,Menekin PHH Lanal Palembang serta Foto Formasi Prajurit Kapal.

Sedangkan personil dari TNI AU menampilkan serta atraksi Skadron Udara 1 dengan masing-masing personil penerbang(Pnb) yaitu TT-0227 PIC Ltk Pnb Adi, TT-0228 PIC Kpt Pnb Higha, TT-0235 PIC Myr Pnb Nobel serta TL-0111 PIC Myr Pnb Amry/Lettu Pnb melengkapi kemeriahan dilangit bumi Sriwijaya. Ditambah lagi dengan atraksi Skadron Udara 12 diantaranyaTL-0101 PIC Ltt Pnb Fero/Ltk Pnb Kuti,TT-0209 PIC Ltt Pnb Galung, TT-0214 PIC Kpt Pnb Oliv serta TL-0102 PIC Kapten Pnb Arie/Myr Pnb Putut. Semakin meriah dan semakin  riuh gemuruh saat para penerbang (Pnb) Skadron Udara 16 yang diantaranya TS-1633 PIC Ltk Pnb Apri, TS-1631 PIC Ltt Pnb Marko,TS-1634 PIC Myr Pnb Gigih, TS-1623 PIC Kpt Pnb Anang/Kpt Pnb Barika, Misi SUL Lat. Jalak Sakti, Rute SMH - Sas - SMH/R, ATD SMH 01.50 z berikut ATA SMH 03.24 z. Semakin lengkap alutista kali ini saat tampil pula H-3216 PIC Mayor Pnb Wendra.

Tampil pula  alutsista  Serta peralatan lainnya yang  canggih  mewakili dari POLRI melibatkan Mobil Komando Rantis Resmob(komputer, cctv mobil, radio ,ruang analisa komando), Mobil Pasukan( penjara mini, pendobrak,borgol, cctv mobil,radio), Poligraph lie Detector, Komputer Forensik, Ufed Touch Cellebrite, Multi Mode Threat Detector, Drager X-am 7000, Radsekker CS, Metal Detector, Balmetfor dan X-Ray Fluorosence.

Sedangkan dari BRIMOB menampilkanTameng, batleram, Hooligan tools, Hps,Teropong, Range finder, Senter, contour, HT satu set, Thermal, Drone nano tactical, NVG, Scope, Gillie Suit, Helm, Body Vest, Dekker, Senjata Primer, Senjata Skunder, Senjata Sniper, Flashbang, Tas Medic dan Rantis (baracuda, wolf).

Dari BASARNAS menampilkan berbagai fasilitas penyelamatan diantaranya mobil ampibius untuk penyelamattan di rawarawa dan di air, alat ekstrikasi untuk penyelamattan di reruntuhan (orng terjepit di antara bebangunnan ,di mobil dll), Alat SAR air untuk pertolongan di air (mencari orng yg tenggelam ), Alat komunikasi seperti HT juga DF ( Derection Finder ) alat untuk mencari sinyal distrespi.

Kata sambutan diawali sambutan dari Danlanud SMH( Sri Mulyono Herlambang) yang menyampaikan ungkapan terima kasih kepada Gubernur Sumatera Selatan, Pangdam II Sriwijaya, Kapolda Sumatera Selatan dan semua undangan yang hadir. " Terima kasih atas kehadiranya di acara Pameran Alutsista TNI-Polri Gebyar Bulan Dirgantara yang dimana Pesawat Temput TNI AU telah melaksanakan manuver didaerah Bangka Belitung beserta Fly Pass di Lanud Sri Mulyono Herlambang" ungkap Danlanud.
Danlanud Sri Mulyono Herlambang(SMB) Letkol Pnb. Heri Sutrisno S.Ip.MSI berharap setelah acara ini selesai alusista TNI-Polri kedepanya akan lebih maju lagi dan sinegritas TNI-Polri terutama serta bersama rakyat kita dapat semakin dekat.

Kemudian kata sambutan disampaikan pula oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru SH MH yang menyampaikan, "Selamat siang salam sejahtera, Pangdam, Kapolda, Kepala BNN Brigadir Jendral Panjaitan, Para Perwira tinggi TNI, Danlanud SMH, Jajaran Pejabat Tinggi serta Masyarakat/Pengunjung Kota Palembang, Pada hari ini tepat 7 bulan saya menjadi Gubernur, dalam pameran ini mengingatkan saya pada tahun 2007. Saya mengikuti alutsista Lemhanas, TNI-Polri tidak gentar dengan ancaman dari luar dan selalu mendapatkan Top rangking di dunia, begitu perannya perhatahanan TNI-Polri, mudah-mudahan kritikan yang tidak beralasan yang mencoretkan nama baik TNI-Polri agar reda, bahwasanya kita ini adalah institusi yang bekerja keras untuk negara" paper Gubernur Sumsel.

Selanjutnya, disampaikan H. Herman Deru dengan penuh semangat, "Dirgahayu TNI 5 Oktober 2019 yang akan datang serta selamat menyambut bulan suci ramadhan," tutupnya.

Pangdam II Sriwijaya menyampaikan, "Selamat ulang tahun kepada TNI AU ke-73, Gebyar Bulan Dirgantara Tahun 2019 ini supaya kedepanya makin eksis, profesional dan  militan serta makin dekat dengan rakyat dan dicintai rakyat, mudah-mudahan alutsista akan lebih baik lagi kedepanya," tegas Pangdam.

Sambutan Kapolda Sumsel menyampaikan, "Sungguh saya bangga terhadap TNI AU, bahwasanya dulu saat saya memasuki AKABRI pilihan pertama salah adalah TNI AU, kedua TNI AL, ketiga TNI AL dan terakhir Polisi, akan tetapi saya malah masuk di Polisi, harapan semoga TNI AU kedepanya semakin jaya di udara dan dicintai oleh rakyat," ungkap Kapolda di penutup acara HUT TNI AU ke 73 di Landasan Udara (Lanud) Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang. (YL)

Popular Posts