Disnaker Garut Terima Kedatangan Para Calon TKI Ilegal



Garut, MA - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kabupaten Garut menerima kedatangan tamu rombongan dari Direktorat Penempatan dan Perlindungan Tenaga kerja Luar Negeri (PPTKLN) Kementerian Ketenagakerjaan RI, bertempat dikantor Disnakertrans Garut, Rabu (15/05/2019).

Dikatakan pimpinan rombongan PPTKLN Kementerian Ketenagakerjaan RI, Darmo Susilo, bahwa kedatangannya dalam rangka memulangkan calon TKI asal kabupaten Garut yang hendak berangkat ke Timur Tengah tanpa dokumen resmi.

”Hasil dari Pemeriksaan Tim Pusat ada beberapa Calon TKI yang ada di penampungan Ilegal untuk diberangkatkan ke Timur Tengah tanpa dokumen resmi, yang didalamnya ada 7 warga asal kabupaten Garut," terang Darmo.

Sementara itu, Kepala Disnaker Garut H Tedi mengatakan, sebelumnya Disnaker Garut menerima informasi hasil Sidak pusat di tempat–tempat penampungan calon TKI, dari info yang diterima ada 7 warga asal kabupaten Garut yang berhasil diamankan di tempat penampungan TKI ilegal.

”Kemarin saya berkoordinasi ke kemenaker, alhamdulillah hari ini diantar langsung dengan didampingi Subdit kelembagaan BPTKN Kemenaker," kata Tedi.

Lanjut Tedi, dari 7 orang calon TKI yang dipulangkan berasal dari 5 kecamatan diantaranya kecamatan Cibalong, Pameungpeuk, Cilawu, Wanaraja dan Garut Kota.

”Hari ini juga kita pulangkan ke daerah asal masing-masing, namun sebelumnya kita berikan arahan dan pembinaan, saya juga menghimbau kepada warga masyarakat Garut yang hendak kerja ke Luar Negeri untuk selalu berkoordinasi dengan Disnaker, sehingga terhindar dari para calo penyalur TKI ilegal,” pungkasnya. (yon/hnp)

Popular Posts