Dinkes Aceh dan Organisasi Profesi Nilai Nakes Teladan Di Lhokseumawe



Lhokseumawe, MA - Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan ketrampilan serta pemahaman tenaga kesehatan terhadap pelayanan kesehatan berbasis masyarakat, Dinas Kesehatan Aceh bersama Organisasi Profesi melakukan penilaian tenaga kesehatan teladan tingkat Provinsi Aceh pada hari selasa tgl 14 s/d 15 Mei 2019 di Hotel Diana Lhokseumawe. Penilaian dilakukan selama 2 hari oleh juri dari Dinas Kesehatan Aceh dan induk Organisasi Profesi Provinsi Aceh seperti IBI, PPNI dan IDI.


Kepala Dinas Kesehatan Aceh dr. Hanif melalui Kasi SDMK Suwarni, SKM, MPH mengatakan bahwa acara hari pertama untuk mendengarkan presentasi dan tanya jawab terhadap program inovasi oleh peserta tenaga kesehatan teladan. Di hari kedua, Tim Penilai mendatangi Gampong Simpang Empat untuk melihat secara langsung kegiatan pelayanan kesehatan terpadu melalui konsep Hari Kesehatan Gampong. Pada bagian lain, drg. Evi Safrida selaku Ketua Tim Penilai Nakes Teladan Tingkat Provinsi Aceh menjelaskan bahwa melalui perlombaan nakes teladan sangat penting dilakukan untuk memberikan reward (penghargaan) kepada tenaga kesehatan yang telah berprestasi di tingkat Kabupaten/Kota.


Adapun peserta Tenaga Kesehatan teladan yang mewakili Kota Lhokseumawe ialah : 1. dr. M. Yusuf, seorang dokter bertugas di Puskesmas Banda Sakti dengan program inovasinya KEPITING (Kelas Pencegahan Stunting), 2. Meutia Ulfa, S.SiT, Bidan pada Puskesmas Mon Geudong yang mengkoordinir Tim UKM dengan program inovasi Hari Kesehatan Gampong (HKG) dengan tema "Pelayanan Kesehatan Satu Atap Dengan Pendekatan Keluarga" (One Stop Servise With Family Aprroach) dan 3. Ns. Nurul Hikmah, seorang Perawat yang bertugas di Puskesmas Muara Satu dengan program inovasi Kelas Paraluna (Kelas Perawatan Luka Sederhana).


Salah satu peserta Mutia Ulfa saat dikomfirmasi Media ini terkait penilaian Nakes teladan mengatakan berterima kasih mendapatkan kesempatan pada tahun ini bisa mempresentasikan program inovasi Puskesmas Mon Geudong, "seneng juga seh, mudah-mudahan berhasil, sergah Mutia penuh harap.

Secara terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe dr. Said Alam Zulfikar melalui Sekdisnya dr. Elly memberikan apresiasi kepada peserta Nakes Teladan yang mewakili Kota Lhokseumawe atas gagasan program inovasi yang telah mereka lakukan selama ini. "Kami harapakan Tenaga Kesehatan Teladan yang terpilih ini mampu meningkatkan kinerja, kiprah dan program di Puskesmas untuk meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dan menjadi contoh bagi tenaga kesehatan lainnya, pungkasnya. (Om Bil)

Popular Posts