RAT Koperasi Cerminan Kehidupan Demokrasi



Bogor, MA - Rapat Tahunan (RAT) merupakan forum yang sangat penting dalam tata kehidupan koperasi. RAT memiliki kekuasaan tertinggi yang dapat mencerminkan kehidupan demokrasi.
Hal itu diungkapkan Penasehat II Koperasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kancana Kota Bogor Endah Nurochmah pada RAT Koperasi DWP Kancana Kota Bogor di Paseban Sri Baduga, Balai Kota Bogor, Kamis (04/04/2019) kemarin.

Endah menjelaskan, dalam rapat dapat diambil beberapa keputusan penting yang tentunya bermanfaat bagi upaya pengembangan kemajuan koperasi Dharma Wanita Persatuan Kancana Kota Bogor sekaligus dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota.

“Keputusan yang diambil harus didasari kebijaksanaan dalam permusyawaratan anggota dan merupakan forum silih asah, silih asih, dan silih asuh. Baik untuk berkembangnya yang melakukan upaya-upaya perbaikan dan penyempurnaan ke arah pencapaian untuk kemajuan,” katanya.

Menurutnya, pemerintah dengan kebijakan deregulasi telah memberi peluang dan kesempatan kepada gerakan koperasi. Sekarang sejauh mana kesiapan untuk menerima peluang dan kesempatan.

Koperasi bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bagi para anggotanya seadil-adilnya. Banyak faktor yang menentukan maju dan mundurnya koperasi. Namun, salah satu faktor yang sangat menentukan adalah faktor pengelolaan dari koperasi itu sendiri. Jika pengelolaan koperasi dilakukan secara sehat, maka koperasi akan berkembang secara sehat pula.

Koperasi dinyatakan sehat jika muncul rasa memiliki dari para anggota koperasi dan anggota merasakan manfaatnya. Koperasi dapat memperbaiki kesejahteraannya dan anggota juga harus bersedia ikut serta dalam kegiatan-kegiatan koperasi dalam rangka kemajuan koperasi tersebut.

Yang kedua, lanjut Endah pengurus dalam menjalankan roda organisasi harus berdasarkan anggaran dasar yang sudah dibuat dan disepakati bersama. Kemudian yang ketiga adanya komunikasi yang lancar antara para pengurus, pengurus dengan anggota, pengurus dan pengawas, dan antara sesama anggota. “Kami berharap koperasi Kancana telah memenuhi syarat koperasi sehat tersebut,” jelasnya. (yon/Tria/Hari)

Popular Posts