Masyarakat Keluhkan Serbuan Lalat dan Bau Busuk Sampah dari TPS Liar



Bandung, MA - Warga Kampung Pasirmala dan Ciloa, Desa Panyocokan, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, mengeluhkan lingkungannya yang kerap diserbu lalat hijau besar serta bau busuk menyengat dari tumpukan sampah yang bersumber dari tempat pembuangan sampah (TPS) liar yang letaknya tak jauh dari pemukiman warga

Padahal warga dan pengurus RT serta RW dan pemerintahan desa tidak pernah memberikan ijin di area tersebut dijadikan TPS. Menurut salah seorang warga, Erus Saefulloh, masyarakat di sekitar TPS tersebut tidak pernah mengijinkan membuang sampah disitu/

“Kami mendatangi Kantor Kecamatan Ciwidey untuk memohon penertiban terhadap tumpukan sampah tersebut, karena dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan masyarakat dan lingkungan disekitarnya,” kata Erus, saat dikonfirmasi MA,Kamis (4/4/19).

Pjs. Kades Panyocokan Tedi mengatakan lokasi TPS liar itu letaknya masuk ke Desa Ciwidey. Namun diakui Tedi, yang kena imbas adalah warga RW 17 Kampung Pasirsereh Desa Panyocokan.

“Kami sudah melakukan kordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk pengangkutan sampah. Sebab diperkirakan membutuhkan 25 kali angkutan truk untuk membersihkannya,” kata Tedi. Akhirnya Camat Ciwidey H. Karyadi pun turun langsung ke lapangan untuk menutup TPS liar itu setelah sampah dibersihkan. (yon/bb)

Popular Posts