KIP Galus Gelar Simulasi Situng Sura



Gayo Lues, MA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) atau yang lebih dikenal dengan nama Komisi Independen Pemilihan (KIP) Gayo Lues menggelar kegiatan simulasi sistem informasi perhitungan suara (Situng), pada Kamis (11/04/19) di Lapangan Pancasila, Blangkejeren.

Simulasi ini merupakan salah satu sosialisasi ke masyarakat tentang bagaimana tata cara pencoblosan, kemudian apa saja kendalanya akan diketahui sedini mungkin.

Dengan melibatkan sekitar 239 peserta yang terdiri dari masyarakat kampung Jawa, Kecamatan Blangkejere yang terdaftar di TPS Dua(2), dengan melibatkan petugas KPPS, PPS, dan PPK, serta para Panwas dan pihak keamanan dari kepolisian.

Ketua KIP Gayo Lues Said Abdullah, SE mengatakan, simulasi ini digelar untuk mengetahui seberapa lancarnya, atau seberapa rumitnya serta seberapa lama waktu yang dibutuhkan agar bisa disesuaikan dengan pelaksanaan pada hari H pada tanggal 17 April 2019, Rabu depan.

Untuk itu pihaknya mengimbau masyarakat Gayo Lues agar datang untuk mencoblos pada hari H, jangan golput. Karena itu selain dapat merugikan diri sendiri juga merugikan bangsa ini.

Said Abdullah menjelaskan, sistem informasi perhitungan suara (Situng) ini berdasarkan Peraturan KPU nomor 3 tahun 2019 tentang pemungutan dan perhitungan suara dalam Pemilu dan perubahan PKPU nomor 9 tahun 2019, serta dalam rangka perhitungan cepat hasil Pemilu 2019, dimana pelaksanaan simulasi Situng tersebut harus dilaksanakan dan dipersiapkan selambat-lambatnya H-3 pemilihan, agar saat hari H pemilihan siap digunakan.

"Kegiatan Situng ini sebelumnya sudah dipersiapkan semua oleh KPU RI dengan aplikasi bernama Situng yang nantinya berstatus online yang terhubung ke KPU RI untuk mengirimkan hasil pemilu di daerah KIP masing-masing," kata Said Abdullah. (Mahara)

Popular Posts