JaDi Bener Meriah Lembaga Pantau Pemilu Pertama Lapor Ke Panwaslih

Presidium JaDi Kabupaten Bener Meriah, Muktarudin MBA.

Bener Meriah, MA - Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) terdaftar sebagai Pemantau Pemilu tahun 2019 di Bawaslu RI dengan Sertifikat Akreditasi Nomor 048/BAWASLU/II/2019 tanggal 28 Februari 2019. Dengan demikian JaDI resmi terdaftar sebagai Pemantau Pemilu secara nasional, Senin 15/04/2019.


Ketua Presidium JaDI Bener Meriah Muhtarudin, MBA yang juga mantan Ketua komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bener Meriah, mengatakan bahwa JaDI Bener Meriah telah melapor ke Panwaslih Bener Meriah dengan menyerahkan dokumen legalitas Lembaga Pemantau Pemilu antara lain Akte Notaris, NPWP, SK Terdaftar di Kemenkumham, Sertifikat Akreditasi Pemantau, Jumlah Anggota Pemantau dan wilayah kerja pemantauan.


"Jaringan Demokrasi Pemilu (JaDI) Kabupaten Bener Meriah mendaftarkan 30 orang pemantau dan merekrut ratusan relawan untuk Kawal Pemilu dan Jaga Suara", ungkapnya.

Lebih lanjut, "JaDI Bener Meriah bersama masyarakat pemilih akan memantau dan meneliti Tahapan penting Pemilu seperti kelayakan TPS, pendistribusian Surat Suara, pendistribusian form C6, akurasi DPT, DPTb, DPK, Pemungutan Suara, penghitungan dan rekapitulasi suara di tingkat PPK,  keabsahan form C1, rekap di tingkat KIP serta indikasi politik uang", katanya.

"Kita juga memantau secara ketat independensi serta  Integritas Penyelenggara. Selanjunya akan kita cek juga beberapa titik zona pemahaman masyarakat pemilih terhadap hal penting seperti berapa jenis surat suara, warna surat suara, suara sah dan tidak, dan siapa saja yang dipilih sebagai  uji petik sejauh mana keberhasilan sosialisasi pemilu yang dilaksanakan oleh jajaran KIP Bener Meriah", Ucapnya.

"JaDI Bener Meriah menghimbau kepada masyarakat Pemilih agar datang ke TPS untuk menggunakan hak pilihnya pada hari rabu 17 April 2019. JaDI BM mengajak masyarakat untuk memantau tahapan Pemilu dan berani melaporkan setiap dugaan pelanggaran Pemilu kepada Panwas dan/atau JaDI Bener Meriah ke nomor hp/wa 081381977962 atau email : benermeriahjadi@gmail.com untuk ditindaklanjuti", Ungkap Muktarudin Selalaku Presidium JaDi Kabupaten Bener Meriah. (Pujo)

Popular Posts