H. Ali Husin Buka RPI DPRK Gayo Lues Tentang Penyampaian LKPJ Kepala Daerah



Gayo Lues, MA - Ketua DPRK Gayo Lues H. Ali Husin, SH membuka Rapat Paripurna Istimewa (RPI) DPRK Gayo Lues Tentang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Gayo Lues Tahun Anggaran 2018, Senin (08/04/19) di ruang sidang gedung dewan setempat.


Hadir dalam acara tersebut diantaranya, Bupati Gayo Lues H. M Amru, Sekdakab H. Thalib, S. Sos. M. AP, Forkopimda, para Asisten Bupati, dan para SKPK Gayo Lues.


Dalam sambutanya Ketua DPRK mengatakan, kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRK Gayo Lues dalam RPI yang dilakukan selama satu kali dalam satahun, selanjutnya paling lambat 30 hari setelah LKPJ diterima oleh DPRK harus melakukan pembahasan LKPJ.

LKPJ kepala daerah yang disampaikan pada RPI ini selanjutnya akan dibahas secara internal sesuai dengan tata tertib DPRK Gayo Lues. Hasil keputusan RPI Gayo Lues nantinya akan dibuat rekomendasi oleh pimpinan dan anggota DPRK Gayo Lues kepada kepala daerah untuk mendapatkan rekomendasi dan perbaikan.

Apabila tidak ditanggapi dalam jangka waktu 30 hari setelah LKPJ diterima maka dianggap tidak ada rekomendasi penyempurnaan selanjutnya.

"Kami berharap kepada rekan-rekan anggota DPRK setelah nantinya LKPJ ini diserahkan oleh kepala daerah kepada DPRK agar dapat pro aktif mempelajari, membahas dan akhirnya menghasilkan rekomendasi sesuai dengan peraturan dan perundang-udangan yang berlaku," kata H. Ali Husin.

Sementara itu Bupati Gayo Lues dalam sambutanya mengatakan, kinerja pemerintahan daerah tahun 2018 cukup bervariasi guna mendukung kinerja pemerintahan daerah yang optimal walaupun tidak semua harapan itu dapat kita capai secara komprehensif dan kerap di persepsi kan tidak berimbang oleh sebagian pemangku kepentingan, namun satu hal yang pasti, perbedaan itu adalah sebuah rahmat Allah SWT yang harus kita sikapi secara baik terlebih di era demokrasi saat ini.

"Secara umum capaian kinerja dan sasaran pada tahun 2018 memperlihatkan peningkatan yang cukup signifikan, di mana indikator keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dapat dilihat antara lain pada urusan pendidikan, urusan kesehatan, dan pekerjaan umum serta urusan lainnya," kata H. M Amru.

Sebagai catatan akhir dari pengantar ini, lanjut Bupati, saya akan menyampaikan beberapa angka statistik kabupaten Gayo Lues yang dicapai pada tahun 2018 sebagai berikut.

1. Angka IPM (Indeks Pembangunan Manusia) adalah 64,26  dan naik menjadi 5,01 % ditahun 2017, artinya Kabupaten Gayo Lues mengalami peningkatan 4,08 poin di tahun 2018 sebesar 0,75%.

2. Angka harapan hidup meningkat dari 63,67 tahun menjadi 64, 44 tahun di tahun 2016 dan meningkat menjadi 64,98 di tahun 2017, artinya ada peningkatan selama kurun waktu satu tahun terakhir sebanyak 1,31 % tahun.

3. Angka kemiskinan Kabupaten Gayo Lues tahun 2017 sebesar 21,97% menjadi 20,70 % ditahun 2018, ini mengalami penurunan sebanyak 1,27 %. Hal ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita karena program kita sudah menyentuh terhadap kemiskinan. (Mahara)

Popular Posts