Fun With Mathematics



Palembang, MA - Matematika adalah mata pelajaran yang telah dipelajari oleh siswa sejak pendidikan sekolah dasar. Namun bagi sebagian siswa, matematika masih menjadi mata pelajaran yang sulit dan belajar matematika telah menjadi “momok” yang menakutkan. Hal ini tercermin dari hasil belajar yang cenderung rendah.

Meskipun demikian, setiap siswa harus mempelajari matematika karena pada dasarnya matematika merupakan ilmu yang mendasari ilmu lainnya dan sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, kesulitan matematika yang dirasakan oleh siswa tersebut harus cepat diatasi agar setiap siswa mampu mengatasi setiap permasalahan yang dihadapi dengan sebaik mungkin.

Salah satu komponen penting untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika adalah dengan penggunaan media pembelajaran atau alat peraga. Dengan cara ini diharapkan siswa dapat meningkatkan motivasi belajarnya sehingga dapat mencapai indikator pengajaran. Hal ini berpedoman pada pemanfaatan media pembelajaran yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar siswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswa.

Seperti yang telah di lakukan oleh Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang jurusan Pendidikan Matematika di SMP negeri 48 Palembang pada selasa (08/04/2019) mereka memperkenalkan alat peraga yang mereka beri nama "Pembuktian Volume Bangun Ruang" alat peraga tersebut diharapkan mampu membuat siswa lebih mudah memahami konsep dalam mencari rumus volume bangun ruang.

Selain itu alat peraga yang dibuat nantinya akan dipamerkan pada acara "Pameran Alat Peraga Matematika" di Academic Center UIN Raden fatah Palembang pada 16 April 2019. Setelah pameran alat peraga nantinya alat peraga yang dibuat akan di sumbangkan ke sekolah. (MA/KD)

Popular Posts