FOSKAPIJAY Kembali Gelar Bhakti Sosial di Meunasah Raya Meurah Dua

Para perwakilan OSIS se SLTA Pijay photo bersama seusai gotong-royong.

Pidie Jaya, MA - Forum Organisasi Siswa Intra Sekolah Sekabupaten Pidie Jaya (FOSKAPIJAY) setelah menggelar Jumat Bersih di Mesjid At-Taqarrub, Trienggadeng, Pidie Jaya, (07/03/2019-red) kembali melakukan bhakti sosial di Menasah Raya, Kecamatan Meurah Dua.

Membersihkan di dalam ruangan.
Aksi bersih lingkungan tempat ibadah yang dilaksanakan FOSKAPIJAY merupakan bentuk aksi sosial organisasi yang anggotanya manyoritas seluruh ketua OSIS se-SLTA Pidie Jaya dan juga beberapa simpatisannya. Dengan tujuan utama agar masyarakat kembali menggalakkan sikap gotong-royong yang merupakan cara dan perinsip Aceh yang suka dan kuat tali persaudaraan lewat kebersamaan, sekaligus warisan leluhur Aceh. 


Ketua PHOSKAP Pijay, Kautsar kepada media ini mengatakan, semangat kebersamaan dengan cara gotong-royong seakan selama ini telah pudar di bumi Serambi Mekkah dikarenakan perkembangan kemajuan zaman yang semuanya seakan mengandalkan materi.


"Di era globalisasi, masyarakat Aceh seakan telah kangka yang namanya gotong royong, apalagi di Era Millenial sekarang ini yang semuanya sudah serba online. Di mesjid, ada bilal, di menasah juga ada bilal (cleaning service)  yang semuanya mendapat honor (jinayah) dalam membersihkan tempat-tempat ibadah. Padahal tidak ada salahnya para masyarakat membantu para bilal agar tempat-tempat ibadah lebih bersih lagi. Baik itu menasah maupun mesjid," ungkap Kautsar.

Dikatakan Kautsar, dengan menggelar kerja bhakti sosial ini, akan menambah rasa kebersamaan masyarakat dalam bentuk sosial. Apa yang dilakukan Phoskap hari ini, adalah bagian dari perwujudan misi dari organisasi tersebut.

Selain itu, FOSKAPIJAY juga wadah persatuan dan kesatuan generasi muda Pidie yang mencoba memperlihatkan berbagai bentuk kegiatan sosial dan keagamaan. Yang secara tidak langsung telah menyibukkan dirinya dalam sosial dan keagamaan hingga waktu untuk bermain yang tidak bermanfaat akan tersita. Dengan demikian pengaruh-pengaruh negatif seperi narkoba dan lain-lain akan terhindar.

Kautsar juga menjelaskan bahwa aksi yang dilakukan hari ini adalah lanjutan dari kegiatan membersihkan mesjid At-Taqarrub beberapa hari yang lalu dengan tujuannya selain agar didalam melaksanakan Shalat Jumat, mesjid terlihat lebih bersih, juga merupakan sebagai aksi sosial dalam rangka Menyambut Satu Rakjab.

Masih kata Kautsar, jumlah anggota yang hadir hari ini memang telah memenuhi target. Meskipun sebahagian juga masih ada yang 'ozor. 

Kautsar juga berharap kedepan agar dalam melaksanakan aksi bhakti sosial baik Jumat Bersih maupun aksi-aksi sosial lainnya, agar para anggota FOSKAPIJAY bisa hadir semuanya, agar kesatuan organisasi tersebut nampak lebih solid.

"Hari ini kita lakukan Meurah Dua, dan dikesempatan lain akan kita gelar pada mesjid-mesjid lain yang ada di Pidie Jaya," pungkas Kautsar.

Sementara geuchik gampong tersebut, mengucapkan terimakasih atas kegiatan anak-anak Phoskapijay. (Ismail Alfatah)

Popular Posts