Curah Hujan Tinggi Jalur Puncak 2 Cianjur Bogor Lumpuh Total



Cianjur, MA - Akibat dari curah hujan tinggi dalam sepekan terakhir, menyebabkan terjadinya longsor di beberapa wilayah sekitar lereng gunung di Cianjur dan Bogor.


Dua kampung di Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bogor Jawa Barat, nyaris lumpuh total dan tak dapat dilewati.


Di wilayah yang terkenal dengan kawasan Puncak 2, dengan keeksotisan alamnya ini, kondisinya sangat memprihatikan.

"Kampung Cidaweung RT 04 RW 09 Desa Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, berbatasan dengan Kampung Arca Kecamatan Sukamakmur Kabupaten Bogor, setiap kali hujan turun, jalan utama penghubung antara perkampungan, pasti selalu di penuhi lumpur yang turun dari atas bukit gunung, yang berada tepat di atas jalan," ujar Nia (27), seorang warga yang tinggal di perbatasan Kampung Arca - Cidaweung, kepada media advokasi.com, Jumat, (26/4/2019).kemarin.

Kini, lanjut Nia. Satu-satunya akses jalan penghubung warga, apabila hendak ada keperluan mendadak, harus menggunakan kendaraan bermotor roda dua.

"Apabila saya hendak mengajar di SDN Sindangsari, di Kecamatan Cipanas, harus ekstra hati-hati, sebab jalan ditutupi lumpur setinggi paha orang dewasa. Celana ataupun rok kerja harus di gulung, begitu juga para pelajar, itu untuk menghindari kotor, sementara tas dan sepatu, terpaksa saya masukkan ke kantong plastik yang di bawa dari rumah," sebutnya, sambil kebingungan, melihat keadaan di sekitarnya.

Pantauan media advokasi.com, kondisi infrastruktur di lingkungan sekitar, sudah sejak lama tak pernah tersentuh pembangunan, apa lagi perbaikan.

Sebagai warga negara Indonesia, penduduk di dua Kabupaten, yakni Cianjur dan Bogor, di Provinsi Jawa Barat tersebut, tentunya mempunyai hak yang sama, mereka sama menginginkan perhatian khusus dari pemerintah daerah.

"Kami harus mengadu kepada siapa dan bagaimana caranya agar infrastruktur di sini tersentuh pembangunan, apakah kampung kami harus selalu menjadi daerah yang terisolir,"  tanya Nia kepada pemerintah daerah dan pemerintah Provinsi Jabar. (yon/Yus)

Popular Posts