BPBA Adakan Bimbingan Teknis Peralatan dan Logistik Tahun 2019



Banda Aceh, MA - Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peralatan dan Logistik bertempat di Hotel Ayani, Selasa, 09/04/2019.

Bimtek yang berlangsung selama 3 (tiga)  hari ini dimulai dari tanggal 9-11 April dan diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari staf BPBA dan perwakilan dari BPBD kab/ kota se-Aceh.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBA, H. T. Ahmad Dadek, SH yang membuka acara secara resmi dalam sambutannya menjelaskan bahwa tujuan dari Bimtek ini adalah pengenalan aplikasi sispal untuk mendukung inventarisasi peralatan penanggulangan bencana yang bermaksud untuk memperoleh data dan informasi tentang jenis, jumlah, kondisi dan sebaran peralatan penanggulangan bencana dan untuk menyusun rencana pelaksanaan penanggulangan bencana serta sebagai analisis kebutuhan peralatan penanggulangan bencana.

Teuku Dadek menjelaskan bahwa kegiatan invetarisasi peralatan ini sangat penting untuk dilakukan demi komitmen bersama menyusun kebutuhan logistik, agar penyediaan kebutuhan logistik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

"Logistik mempunyai dua peran yaitu peran penguatan dan kedaruratan.Penguatan artinya menyediakan ketersediaan logistik di seluruh provinsi Aceh dan kedaruratan artinya menyediakan kebutuhan logistik saat masa tanggap darurat bencana. Pentingnya peran logistik dalam penanggulangan bencana karena sektor logistik sangat mempengaruhi keberhasilan dalam penggulangan bencana, oleh sebab itu ketersediaan logistik dan peralatan harus selalu siap, baik itu di provinsi/kabupaten/kota harus selalu siap untuk digunakan," jelas Dadek.

“Melalui Bimtek ini kami harapkan peserta dapat memberikan informasi tentang data peralatan yang dimiliki dan kondisi terakhir peralatan di semua BPBD kab/kota serta kebutuhan peralatan yang dipandang perlu," harap Dadek lagi.

Kabid Darurat dan Logistik BPBA, Ir. M. Syahril, MM menambahkan bahwa Bimtek ini diisi oleh narasumber dari BNPB, Agus Riyanto, SP,MM yang mengenalkan aplikasi sispal dan membahas mengenai cara membuat format proposal (e-proposal) pengajuan ketersediaan dan pelaporan penggunaan logistik. Materi selanjutnya diberikan oleh Kalak BPBA membahas kebijakan Pemerintah Aceh dalam pemenuhan peralatan penanggulangan bencana.

Di dalam Bimtek ini juga dibahas mengenai Pengelolalaan barang milik negara dan barang milik daerah yang diisi oleh narasumber Yudiza Irvan Setawan, S.STP, M.Eng. Dev dari Badan Pengelolaan Keuangan Aceh (BPKA) serta materi tambahan dari Kasi Logistik, Iskandar, STP yang membahas mengenai peran pergudangan. (Dahrina/Ismed)

Popular Posts