Sekitar Tiga Puluh Rumah Tanpa Wc, Warga Desa Kutagaluh Asli Kec. Lawe Bulan Harapkan Dana Desa TA 2019 Mengatasinya

Foto Belakang, Beberapa Rumah Warga Desa Kuta Galuh Asli Kec. Lawe Bulan Belum Memiliki Wc.
Aceh Tenggara, MA - Dari seratus sembilan puluh lima rumah warga desa kutagaluh asli, kecamatan lawe bulan kabupaten aceh tenggara, lebih kurang tiga puluhan, rumah warga masyarakat yang belum memiliki wc dan septic tank.

Hal tersebut sesuai dengan penyampaian Kamaluddin, salah satu warga desa kuta galuh asli, dan juga menjabat sebagai Kaur mukim, kemukiman bunga tanjung kecamatan lawe bulan, pada media advokasi selasa (12/3) di desa kuta galuh asli, mengatakan lebih kurang tiga puluh rumah masyarakat desanya belum memiliki wc, namun sebahagian memiliki wc akan tetapi tanpa septic tank, pembuangan kotoran melalui pipa, langsung ke sungai lawe rutung.

Jadi, selama ini bagi warga yang belum memiliki wc, buang air besar yang rumahnya dekat dengan kamar mandi masjid desa, mereka buang air besar kekamar mandi masjid desa, bagi yang tinggalnya  jauh dari kamar mandi masjid, kesungai lawe rutung. hal ini dapat menimbulkan pencemaran lingkungan, dan tidak baik bagi kesehatan masyarakat, karena kondisi air sungai lawe rutung yang tidak stabil, sering kering dan kotoran yang tersalur kesungai tidak hanyut, jadinya menumpuk. hal tersebut berdampak bagi kesehatan.

Kamaluddin menambahkan, itulah sebabnya musrenbang tingkat dusun di desa kuta galuh asli, kemarin itu dari empat dusun, tiga dusun mengusulkan dari dana desa tahun anggaran 2019 ini,  diprioritaskan untuk membangun wc warga yang belum memiliki wc dan membangun septic tank, bagi yang belum memiliki septic tank agar kotoran tidak lagi dibuang kesungai, demi menjaga lingkungan dan kesehatan warga.

Warga yang belum memiliki wc dan septic tank tersebut, rata-rata masyarakat yang kehidupannya pas-pasan, ekonominya terbatas. wajar masyarakat dari tiga dusun tadi mengusulkan pada musrenbang dari tingkat dusun, baik dari dusun khumah belin, dusun khumah munte dan dusun khumah sambo mengusulkan pembangunan wc lengkap dengan septic tank, dan membangun septic tank warga yang wc nya belum memiliki septic tank, dari dana desa tahun anggaran 2019, kalo dusun perumnas, rumah mereka sejak dibangun dari awal sudah memiliki wc dan septic tank, dan usulan masyarakat ini akan kita lihat nanti dari hasil musrenbang dusun tersebut berhasil apa tidak, karena itu usulan dari masyarakat, harap kamaluddin. (IZ)

Popular Posts