Purwakarta Akan Segera Di Bentuk BPBD

Adang Sarif Kabid Penanggulangan Bencana di Dinas Pemadam Kebakaran dan Pengembangan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, di Provinsi Jabar, saat memberikan materi penanggulangan bencana kepada peserta pelatihan, Kamis (14/3/2019) di aula Desa Bungursari.

Purwakarta, MA - Dalam waktu dekat ini, di Kabupaten Purwakarta, akan segera dibentuk sebuah Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Pernyataan ini disampaikan oleh Adang Sarif Kabid Penanggulangan Dinas Pemadam Kebakaran dan Bencana (DPKPB) Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, pada saat memberikan materi kepada peserta Pelatihan Penanggulangan Bencana, di aula kantor Desa Bungursari Kecamatan Bungursari, Kamis (14/3/2019).


Ketika dikonfirmasi oleh media advokasi.com, Adang mengaku bahwa Kabupaten/Kota di Provinsi Jabar, telah terbentuk BPBD, sementara untuk Purwakarta baru akan di bentuk.


"Berdasarkan pernyataan dari Bupati pada saat itu, dalam waktu dekat ini di Purwakarta, baru akan membentuk BPBD, namun dikarenakan mendekati pelaksanaan Pemilu Legislatif dan Pilpres, maka kemungkinan besar akan di tangguhkan dulu hingga selesai Pemilu," ujarnya kepada media advokasi.com.

Padahal, lanjut Kabid Penanggulangan DPKPB, janji Bupati saat itu, pada tahun 2019 harus sudah terbentuk suatu Badan Penanggulangan Bencana, karena keberadaan BPBD di setiap Kabupaten/kota itu, sangatlah penting.

"BPBD merupakan salah satu badan dalam penanggulangan bencana, di dalamnya terdapat orang-orang yang terlatih dan berpengalaman di bidangnya," ujarnya.

Beberapa wilayah yang rawan akan bencana Kebakaran dan longsor, adalah di wilayah Wanayasa, Bojong, Kiarapedes, Plered, Mani'is, Tegalwaru. Sedangkan untuk zona yang rawan akan terjadinya bencana kebakaran dan kekeringan adalah di Kecamatan Cibatu, Bungursari, Campaka, Jatiluhur, Kecamatan Kota Purwakarta sebagaian dan termasuk Tegal Waru.

"Saya berharap agar pemerintah daerah Purwakarta segera membentuk BPBD saja, karena BPBD itu orang yang tangguh dan berani," pungkasnya. (Yusup Bachtiar)

Popular Posts