Peran Pemuda Dalam Pengawasan Pemilu

Ketua Panwaslih Pijay, Fajri M. Kasem.

Pidie Jaya, MA - Sosialisasi Pengawasan Pemilu dan Partisipatif Bagi Pelajar serta Mahasiswa, digelar di kantor Panwalih Pidie Jaya, 06/03/2019.

Acara sosialisasi yang dihadiri para mahasiswa dan pemuda Pidie Jaya, ketua Panwaslih beserta komissionernya membahas tentang peranan pemuda dalam pengawasan pemilihan umum (pemilu).

Pemuda merupakan generasi penerus perjuangan untuk mewujudkan cita-cita bangsa serta harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa dan negara. Sebagai generasi muda hendaknya kita menyadari bahwa di tangan pemudalah harapan bangsa ini dipertaruhkan.

Ketua Panwaslih Pidie Jaya, Fajri M. Kasem mengatakan bahwa potensi yang melekat pada generasi muda, sudah selayaknya para pemuda terjun untuk ikut serta dalam mengisi pembangunan nasional, termasuk dalam penyelenggaraan pemilu yang merupakan awal dari proses pembangunan itu sendiri.

"Kontribusi pemuda dalam menyonsong pesta demokrasi sehat di setiap tahapan pemilu sangatlah diperlukan. Namun yang sangat disayangkan terkadang banyak pemuda saat ini yang acuh terhadap politik. Hal ini dikarenakan dilakukan pelebelan buruk terhadap politik itu sendiri. Untuk itu, sebagai generasi muda sudah seharusnya bisa memberikan pandangan yang lebih baik terhadap pemilu," ungkap Fajri.

Dikatakan Fajri, partisipasi masyarakat khususnya pemuda dapat menjadi solusi alternatif bagi lembaga pengawas pemilu dalam melaksanakan pengawasan dan pencegahan untuk mengurangi angka pelanggaran. Perlu kita pahami bersama bahwa bagaimana kondisi bangsa dan negara kedepan sangat tergantung pada bagaimana kondisi generasi muda.

"Bahkan pemuda harus berperan aktif sebagai agen perubahan yang diwujudkan dengan mengembangkan salah satunya adalah pendidikan politik dan demokratisasi. Pemuda memiliki beberapa modal dalam mewujudkan ini semua, seperti: Sikap Kritis, SemangatTinggi, Idealis, Pemberani, Berkelompok dan Paham Teknologi," jelasnya.

"Saya berharap kepada seluruh peserta untuk mengikuti kegiatan ini dengan serius dan penuh tanggung jawab dan setelah acara ini para peserta diharapkan juga dapat mengambil bahagian dalam pengawasan pemilu serta melakukan sosialisasi ke pihak-pihak lain, baik secara langsung maupun memanfaatkan perkembangan dan kemajuan teknologi," pungkas Fajri. (Ismail Alfatah)

Popular Posts