HUT Satpol PP ke 69 Sub Linmas Ke 57 Dan Pemadam Kebakaran ke-100



Palembang, MA - Peningkatan Trantibum Linmas melalui optimalisasi peran Damkar , Satpol PP dan Satlinmas guna mensukseskan Pemilu Serentak di wilayah Provinsi Sumatera Selatan merupakan tema dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satpol PP ke 69 Tahun, Satlinmas ke 57 Tahun dan Pemadam Kebakaran ke-100 Tahun.


Acara yang berlangsung bertempat di Griya Agung Jalan Demang Lebar Daun nomor 09 Kelurahan Demang Lebar Daun Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang Sumatera Selatan pada pukul 08.00 Wib, Rabu,13 Maret 2019.


Pejabat yang hadir dalam acara ini gubernur Sumatera Selatan Haji Herman Deru SH MM ,Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, Kapolda Sumsel Irjen Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara, kabinda Sumsel Brigjen TNI Rudi Prasenilsa, sekda Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar SH MM,  Kejati Sumsel diwakili oleh Ibu Dwi Indrayati SH MM (Kabag.TU), kakanwil Kemenag Provinsi Sumatera Selatan HM.Al-Fajri Zabidi,S.Pd,MM, Danrem 044 Gapo Kolonel Arh.Sonny Septiono, Dan Lanud SMH  diwakili Letkol Morer Monte,  Danlanal diwakili Letkol Amrullah , para bupati dan wakil bupati Sumatera Selatan, Hakim Tipikor Pengadilan Tinggi Provinsi Sumatera Selatan Faisal Amrullah SH MM, Kepala BPBD Sumatera Selatan H Iriansyah, asisten 3 bidang administrasi umum Provinsi Sumatera Selatan Eduar Juliartha dan Plt Kasatpol PP Provinsi Sumatera Selatan ibu Leni Milana AP, S.ip MSI.


Selain itu acara Hari Ulang Tahun Pol PP , Satlinmas dan Damkar  dihadiri Para Kasat Pol PP, Satlimas dan Damkar Kabupaten dan Kota Se- Sumatera Selatan dengan susunan personil upacara diantaranya Regu Korsik (kord dan musik) Damkar Provinsi Sumatera Selatan,  Regu TNI , Regu Korpri Provinsi Sumatera Selatan, Damkar Provinsi Sumatera Selatan, Satlinmas Provinsi Sumatera Selatan regu Satpol PP Sumatera Selatan juga Regu Pramuka.


Gubernur Sumatera Selatan dalam acara hari ulang tahun ini menyampaikan "Peringatan HUT Pemadam Kebakaran Ke-100, HUT SatpolPP ke 69 dan HUT LINMAS Ke - 57 Tahun 2019, Mengajak Seluruh Bangsa Indonesia untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjujung tinggi ideologi pancasila, menjadi sarana pemersatu bangsa, mengutamakan kepentingan bangsa dan serta mengutamakan kepentingan masyarakat diatas kepentingan pribadi maupun golongan, dalam upaya mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat", tegasnya.


Dihimbau pula oleh Gubernur "Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Linmas bukan hanya menjaga kota yang bertindak pasif, tetapi lebih dari itu. Berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan dan memberikan perlindungan kepada masyarakat, dengan tujuan akhir peningkatan kesejahteraan masyarakat serta terlibat aktif dalam mensukseskan Agenda Nasional Bangsa Indonesia", imbuhnya.


Masih dalam himbauan Gubernur bahwa "Peran penting Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Sat Linmas tercermin dari tugas dan tanggung jawabnya. Tugas Pemadam Kebakaran Adalah melakukan pencegahan, pengendalian, penyelamatan, dan penanganan bahan berbahaya beracun, melakukan Inspeksi dan invetigasi penyebab kebakaran".


Ditegaskan Gubernur "Satuan Polisi Pamong Praja dibentuk untuk menegakkan Perda dan perkada menyelenggarkan ketertiban umum dan ketentraman serta menyelenggarakan perlindungan masyarakat, Satuan Perlindungan Masyarakat secara Khusus dibentuk dan disiapkan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, Ikut memelihara ketentraman, ketertiban masyarakat serta membantu pengamanan penyelenggaraan Pemilu dan Pertahanan Negara", dengan nada menyemangati.

Selanjutnya dilaksanakan penyerahan piagam penghargaan terbaik kepada Satpol PP dan Damkar langsungkan dengan penandatanganan MOU kesepakatan bersama pemerintah kabupaten/kota se- Sumatera Selatan tentang pengawasan dan penanggulangan kebakaran di di wilayah perbatasan kabupaten/kota se -Sumatera Selatan kemudian hiburan atraksi kesiapan dari Satpol PP, satlinmas dan Damkar acara berakhir sekitar pukul 08.40 WIB. (YL)

Popular Posts