Hasil Analisa Penemuan 119 Mortir Akan Dipaparkan ke Publik



Bandung, MA - Rumah milik Kevin Permana, di Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung mendadak menjadi sorotan dua hari ini. Di rumahnya ditemukan granat mortir sebanyak 119 buah atau setara 9 peti.


Hasil pencarian selama dua hari, oleh Tim Gegana Brimob Polda Jabar di hari pertama berjumlah 88 buah. Dilanjutkan pada hari kedua Rabu kemarin, oleh Tim Jihandak Yon Zipur 3 Kodam III Siliwangi, berhasil mengangkat mortir Kaliber 8.0 mm itu sebanyak 31 buah.

Dandim 0618/BS Bandung Letkol Inf M Herry Subagyo menyatakan saat ini 119 mortir sisa perang dunia kedua tersebut sudah diamankan di gudang amunisi Paldam III Siliwangi.

“Semuanya sudah dievakuasi ke Gudang Paldam, hal ini untuk dilakukan analisa lebih mendalam terhadap temuan 119 mortir tersebut,” kata Dandim kepada wartawan, Kamis (7/3/19).

Dandim memastikan hasil analisa terhadap mortir tersebut akan diungkapkan kepada publik. “Pasti akan kami paparkan ke publik ya, termasuk apakah mortir ini dimusnahkan seperti apa nanti kita paparkan,” jelasnya.

Menurutnya kebanyakan mortir itu sudah rusak. “Kebanyakan sudah rusak, ada yang pemicunya lepas dan berkarat. Tapi tetap akan kita analisa,” ungkapnya.

Pihaknya berterima kasih kepada jajaran Polrestabes Bandung, Brimob Polda Jabar yang telah bersinergi selama dua hari ini dalam proses evakuasi dan penggalian temuan mortir ini.

“Terima kasih kepada Polrestabes, Brimob Polda Jabar atas sinergitas dalam proses evakuasi penemuan mortir ini. Kepada masyarakat Kota Bandung apabila menemukan hal serupa (mortir), agar segera melaporkan ke Polsek atau Koramil terdekat,” ucapnya. (yon/bb)

Popular Posts