Dua Bandar di Pijay Tercepat Proses OLah Tanah Tanam Padi 2019

Lahan pertanian Bandar Dua Ulee Gle, habis panen langsung dibajak kembali (olah) untuk tanam di bulan April.

Pidie Jaya, MA - Dua Bandar di kabupaten Pidie Jaya tercepat proses olah tanah pertanian untuk tanam padi di 2019 ini. Bandar ujung barat yang berbatasan dengan Kabupaten Pidie yaitu Bandar Baru dan Bandar ufuk timur yang berbatas dengan Kabupaten Bireuen yaitu, Bandar Dua. Dua bandar ini nampaknya saling berkejar-kejaran dalam mempercepat mengolah tanah (bajak) pertaniannya pada musim tanam 2019. Seperti pantauan media ini di Bandar Dua, kemukiman Ulee Gle, Sabtu 16/03/2019.

Di kecamatan Ulim, sebagian padi mereka masih sedang berbuanga (berbuah).
Seperti dikatakan kadis Pertanian dan Pangan Pidie Jaya drh. Muzzakir, bahwa di kemukiman Nyong dan kemukiman Lancok Bandar Baru, mereka telah menyemai benih padi untuk tanam awal tahun ini, bahkan usia penyemaian benih padi mereka telah mencapai satu Minggu. Sementara di Bandar Dua, juga sudah mulai mengolah tanah (lahan pertanian) mereka untuk menanam di awal tahun ini.

Di Kecamatan Meurah Dua, juga rata-rata padi sedang berbunga (berbuah).
Sedangkan di kecamatan lain, masih dalam tahap pemanenan dan malah ada yang padinya masih mulai berbunga (berbuah). Seperti di kecamatan Ulim, Meureudu dan meurah Dua, tanaman padi di persawahan baru mulai berbunga.

Di kecamatan Meureudu, sebahagian telah dipanen tapi kebanyakan padinya masih menghijau.
Husaini, petani Ulee Gle kepada media ini mengatakan meskipun hasil panen gabah kemarin di sawahnya di Ulee Gle, kurang memuaskan namun Alhamdulillah mereka masih bisa menunaikan zakatnya.

"Alhamdulillah, panen kemarin lumayan juga hasilnya. Hasil panen kami tetap sampai Nisab hingga seperti biasa dan kami bisa menunaikan zakat," kata Husaini. 

Kepatuhan petani  Dua Bandar ini (Bandar Baru dan Bandar Dua), pernah dapat apresiasi dari dinas pertanian Pidie Jaya, terkait patuhnya dalam mempercepat tanam dan juga taat pada pola tanam serentak.

Hal itu terlihat di pertengahan Maret ini, di kemukiman Nyong dan Lancok Bandar Baru, para petani sudah seminggu usia penyemaian benih padi mereka.

"Kepada kecamatan lainnya di Pidie Jaya kita juga harapkan agar mereka bisa mengikuti pola kerja Bandar Baru dan Bandar Dua," ucap Muzzakir. (Ismail Alfatah)

Popular Posts